M920Vdlq3Dcbzl7ZsskfMt7MAGCBkcGVLICBNwNF

Cari Blog Ini

20 Jenis Burung Kicauan Terbaik Paling Populer

20 Jenis Burung Berkicau Terbaik - Meskipun habitatnya di alam bebas, burung berkicau banyak dijadikan hewan peliharaan. Biasanya orang memelihara burung kicau untuk hiasan rumah ataupun dilombakan. Apabila Anda tertarik memelihara burung kicau, ada 20 jenis burung berkicau terbaik yang bisa dijadikan pilihan.

20 Jenis Burung Berkicau Terbaik

jenis burung kicauan terbaik


Burung berkicau terbaik bisa dilihat dari berbagai kriteria. Mulai dari suaranya yang merdu, bervariasi, serta lantang. Selain itu, mental dan bentuk fisik burung juga bisa dijadikan tolak ukur dalam menentukan baik atau tidaknya jenis burung berkicau tersebut.

Berikut adalah 20 burung kicau terbaik yang dilihat berdasarkan jumlah peminatnya dan kriteria suara yang dimiliki:

1. Murai Batu

Penggemar burung kicau pasti sudah paham keunggulan dan kualitas dari murai batu. Burung bermata tajam ini memiliki suara yang sangat lantang dan kencang. Ciri khasnya terdapat pada ekornya yang sangat panjang melengkung ke atas dan berbentuk huruf U.

Murai batu bisa mengeluarkan suara yang sangat bervariasi. Dalam proses pemasteran, murai batu sangat cepat merekam dan menirukan suara masteran yang diputarkan. Sementara saat dilombakan, mental fighter murai batu sangat baik dan percaya diri.

2. Burung Kenari

Burung kenari tidak hanya terkenal di kalangan penggemar burung kicau, namun juga penyuka hewan hias. Ini disebabkan karena warna kenari yang terang dan sangat cantik dijadikan hiasan rumah. Keunggulan kenari bahkan membuat penggemar burung membuat komunitas khusus kenari.

Beberapa keunggulan yang menonjol dari kenari selain warnanya adalah jiwa petarungnya yang sangat baik. Kelebihan lainnya dari kenari adalah mudah beradaptasi dan tidak gampang stres meskipun dipindah-pindah kandang.

3. Robin

Robin tidak hanya terkenal di Indonesia, burung ini juga masuk kriteria 20 jenis burung berkicau terbaik di dunia. Walaupun kicauannya cukup baik, ternyata ukuran tubuh robin sangat pendek, yakni hanya berkisar 7 cm saja.

Robin termasuk burung kicau yang diburu karena memiliki kelebihan dari kicauannya yang sangat merdu dan bervariasi. Robin juga sangat gacor dan bisa ngeroll dalam berkicau.

Tetapi jika salah dalam pemeliharaan, robin sangat mudah stres sehingga harus berhati-hati dalam merawatnya.

4. Cucak Rowo

Cucak rowo yang pernah dijadikan lagu dalam bahasa Jawa ini juga termasuk burung kicau yang terkenal kualitas suaranya. Sayangnya, burung ini tidak memiliki fisik yang indah seperti jenis burung kicau lainnya. Warnanya monoton coklat kehijauan dengan bentuk tubuh ramping.

Suara cucak rowo terkenal sangat merdu dan gacor tanpa jeda. Bahkan di habitat aslinya suara cucak rowo inilah yang kerap kali meramaikan seisi hutan.

5. Cucak Hijau

Sesuai namanya, jenis burung kicau yang satu ini memiliki warna dominan hijau pada tubuhnya. Jenis cucak yang satu ini juga memiliki suara yang merdu dan cukup nyaring. Hanya saja, pada beberapa cucak hijau ada yang memiliki tipe suara tidak konsisten.

6. Anis Merah

Orang awam mungkin masih asing dengan burung yang satu ini. Padahal performanya dalam perlombaan tidak bisa diremehkan. Anis merah kerap kali menang dalam kontes burung kicau karena suaranya yang tajam dibanding burung kicau lainnya.

Walaupun mudah ditemukan di berbagai daerah Indonesia, anis merah yang berkualitas hanya bisa diperoleh di daerah Jawa Timur dan Bali saja.

7. Tlendekan

Tlendekan sering menarik perhatian dalam perlombaan karena tubuhnya yang lebih kecil dibandingkan jenis burung kicau lain. Tetapi jiwa petarungnya sangat baik dan bisa menyaingi murai batu.

Sayangnya, karena popularitas, saat ini jarang orang yang menyediakan kontes khusus untuk burung tlendekan. Meski begitu, kelebihan suaranya ini sering dimanfaatkan sebagai burung pemaster bagi pengicau lainnya.

8. Lovebird

Hampir semua orang mengenal burung yang satu ini. Keindahan bulunya yang bisa membentuk tanda cinta sering kali menjadikannya sebagai hiasan. Meski cantik, lovebird juga memiliki suara yang sangat merdu.

Keunggulan lovebird yang menjadikannya favorit penggemar burung kicau adalah suaranya yang khas dan sering ngekek. Tipe suara ini jarang dimiliki oleh jenis burung pengicau lainnya.

9. Jalak Suren

Meski semua jalak terkenal dengan kicauannya saat bertemu manusia, tapi jalak suren adalah salah satu jenis jalak yang diunggulkan dalam komunitas pengicau. Namun, jalak suren yang biasa dilombakan adalah jenis jantan karena suaranya yang lebih gacor dan agresif.

Jalak juga memiliki keunggulan suara yang lebih keras dan berisi. Meskipun tidak terlalu merdu, jika diberi isian yang tepat jalak suren bisa mengeluarkan suara yang merdu dan lebih bervariasi.  

10. Kacer

Kacer termasuk burung kicau pasaran yang paling banyak dipelihara. Selain pemeliharaannya mudah, harganya juga terjangkau dibandingkan pengicau lainnya.

Jenis kacer terbaik sendiri ada pada kacer poci yang bisa mengeluarkan suara lebih melengking dan jernih. Kelebihannya juga terdapat pada gaya bertarungnya yang lebih ngotot dengan isian lebih variatif.

11. Anis Kembang

Secara fisik, anis kembang masih kalah dengan saudaranya yakni anis merah. Tapi dari kicauannya, anis kembang memiliki suara yang jauh lebih bervariasi dan patut menjadi salah satu dari 20 jenis burung berkicau terbaik.

Sayangnya, kalau kondisinya belum siap dan dipaksakan untuk mengikuti perlombaan, anis kembang terkadang tidak mau mengeluarkan semua isiannya sehingga terdengar sangat monoton.

12. Cucak Jenggot

Meskipun memiliki kicauan yang cukup baik, cucak jenggot lebih sering dijadikan sebagai burung pemaster dibandingkan yang dilombakan. Salah satu penyebabnya karena burung ini dianggap kurang memiliki mental bertarung yang maksimal

Padahal, cucak jenggot memiliki suara yang sangat keras dengan lagu yang kasar. Bahkan burung pemaster ini juga bisa mengeluarkan tembakan yang sangat bagus.

13. Burung Cendet

Cendet termasuk salah satu burung kicau yang tergolong cendet. Ia bisa menirukan berbagai jenis suara dengan durasi pemasteran yang cukup singkat.

Sayangnya, burung ini kurang diminati karena rentan mengalami kondisi sulit gacor, serta agresif atau terlampau galak. Padahal kalau perawatannya benar, hal ini tentu tidak akan terjadi.

14. Burung Crukcuk

Jika ingin memelihara burung berkualitas namun tidak memiliki banyak modal, burung crukcuk bisa dijadikan alternatif. Crukcuk memiliki kelebihan suara yang merdu dan sekilas mirip dengan cucak rowo. Saat bersuara, crukcuk juga menarik perhatian karena suka mengangkat jambulnya.

15. Burung Tekukur

Tekukur merupakan burung kicau yang memiliki banyak mitos di baliknya. Terlepas dari mitos tersebut, burung ini cukup baik dijadikan sebagai masteran pada jenis burung kicau lainnya. Saat berkicau, suaranya lebih gacor dan iramanya bervariasi dalam sekali bunyi.

16. Burung Merbuk

Keberadaan burung merbuk atau perkutut ini sangat mudah ditemukan. Tidak heran apabila harganya cukup terjangkau dibandingkan burung kicau lainnya. Walaupun kicauannya bagus, merbuk lebih banyak dipelihara sebagai hiasan karena bentuk tubuhnya yang lucu dan suaranya yang merdu.

17. Burung Pleci

Burung pleci dikenal dengan ciri khas tampilannya yang seperti berkacamata. Di balik tampilannya yang tampak jinak dan lucu ini, pleci juga memiliki suara kicauan yang tidak bisa diremehkan. Saat berkicau suaranya bisa sangat keras dan terkesan lebih ngebass.

18. Burung Gelatik

Burung kicau yang satu ini memang tidak terlalu terkenal dalam perlombaan. Tetapi kemampuannya saat berkicau selalu menarik perhatian karena diiringi tarian yang indah. Jika sering dilatih dan dipancing, gelatik bisa mengeluarkan suara yang sangat melengking.

19. Burung Kolibri Ninja

Semua burung kolibri memiliki kemampuan berkicau yang baik. Salah satu kolibri yang sangat terkenal di kalangan kicau mania adalah kolibri ninja. Suara kolibri jenis ini jauh lebih merdu dan jelas dibanding kolibri lainnya. Inilah yang menyebabkannya sering dijadikan burung masteran.

20. Burung Branjangan

Nama burung branjangan memang tidak sepopuler burung kicau lainnya sekelas murai batu dan kenari. Namun, branjangan memiliki ciri khas  gaya bertarungnya yang sangat digemari penghobi burung yakni selalu mengepakkan sayapnya.

Nama-nama 20 jenis burung berkicau terbaik di atas bisa dijadikan rekomendasi bagi Anda yang baru pertama kali ingin memelihara burung kicau. Variasi harga dan karakter yang berbeda dari masing-masing burung bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemeliharaan yang diinginkan. 

Related Posts
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar