M920Vdlq3Dcbzl7ZsskfMt7MAGCBkcGVLICBNwNF

Cari Blog Ini

8+ Cara Memaster Trucukan Paling Gacor 2021

Cara Memaster Trucuk - Burung trucuk atau trucukan adalah salah satu spesies burung yang banyak disukai dan dipelihara masyarakat Indonesia. Kicauan dari burung trucuk mampu memberikan efek tenang bagi pendengarnya. Suara merdu yang dihasilkan berasal dari cara memaster trucukan dengan baik dan tepat.

 

Cara Memaster Trucukan dengan Mudah dan Cepat


cara memaster trucukan

1. Pemilihan Sumber Masteran yang Tepat

Melakukan pemasteran burung trucuk bisa diawali dengan memilih sumber masteran yang tepat dan sesuai kebutuhan pemilik atau penghobi. Sumber masteran bisa berasal dari burung asli atau alat pendengar berupa MP3 dan MP4.

· Masteran dari Burung Asli

Sumber masteran dari burung asli masih menjadi pilihan terbaik karena mampu menghasilkan kicauan yang bagus dan alami. Meskipun sumber ini mengharuskan Anda memaster dalam jangka waktu lama, tetapi hasilnya dijamin memuaskan.

 

Ketika memakai sumber masteran dari burung asli, sebaiknya lakukan pemasteran menggunakan lebih dari 1 jenis burung. Hal ini bertujuan agar suara yang ditirukan lebih bervariasi. Beberapa jenis burung untuk memaster trucuk adalah:

a. Cucak Wilis

Cucak wilis menghasilkan kicauan cukup lantang, tajam, dan keras. Burung ini sangat cocok untuk sumber masteran trucuk karena bisa menggugah semangat agar terus berlatih. Ketika memaster kedua burung ini, Anda akan mendengar suara rovel asli dari keduanya.

b. Kutilang

Burung kutilang dikenal memiliki suara kicauan yang unik dan berciri khas. Hal inilah yang membuat kutilang sangat cocok dijadikan masteran trucuk. Jika berhasil, trucuk akan memunculkan lengkingan unik di setiap kicauannya.

c. Cucak Rawa

Cucak rawa memiliki suara dengan ciri khas tempo pelan dan nada yang konsisten. Setiap pergantian nada akan dijeda selama 30 detik hingga 1 menit. Jika dimaster dengan trucuk, maka dapat menghasilkan alunan irama yang menenangkan.

d. Gereja Tarung

Gereja tarung adalah jenis burung yang berkicau dengan tempo cepat, cukup keras, dan jelas. Variasi suara ini akan membuat kicauan trucuk semakin bervariasi dan indah untuk didengar.

 

· Masteran dari Alat Canggih

Selain menggunakan burung asli, cara memaster trucukan bisa Anda lakukan dengan bantuan alat canggih yang memutarkan audio atau video-audio. Anda bisa menggunakan smartphone, tape recorder, laptop, DVD, hingga tablet.

 

Anda cukup mencari referensi suara masteran burung trucuk di internet, bisa lewat web atau membuka Youtube. Jika Anda mendengarkan secara online, otomatis biaya kuota internet/ WiFi akan membengkak.

 

Agar lebih hemat dalam penggunaan alat canggih, sebaiknya download suara masteran burung sebanyak mungkin dan dibuatkan folder khusus pada flashdisk atau memori eksternal smartphone Anda.  

 

2. Pemberian Pakan yang Sesuai

Burung trucukan akan menghasilkan suara kicauan bagus jika didukung dengan pemberian pakan yang sesuai. Biasanya makanan yang paling disukai adalah ulat, jangkrik, hingga kroto (telur semut rang-rang).

 

Selain makanan tersebut, Anda bisa menambahkan makanan bernutrisi tinggi seperti buah-buahan (pisang kepok, apel, mangga, dsb) hingga sayuran hijau/ dedaunan. Berikan juga asupan air yang cukup dan diletakkan dalam kandang sepanjang hari.

 

Agar kondisi tetap fit, berikan juga multivitamin khusus seperti voer yang berbentuk cair maupun padat. Multivitamin ini bisa Anda dapatkan di toko terdekat dengan harga yang sangat terjangkau.

 

Saat pemberian makanan, pastikan untuk memilih pakan yang masih segar dan bersih. Khusus untuk kroto, berikan jenis kroto segar setiap hari. Jika ada sisa, harus tetap diganti di hari esoknya. Multivitamin cukup diberikan 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

 

3. Kondisi Sangkar yang Bersih

Burung yang rajin berkicau menandakan kondisinya bersemangat dan sehat. Selain itu, burung juga merasa nyaman dan aman meskipun berada di dalam sangkar. Kondisi ini bisa didapat jika Anda selalu menjaga kebersihan sangkar.

 

Lakukan pembersihan setiap hari ketika burung sedang dimandikan. Buang kotoran yang menempel. Jika ada yang susah dihilangkan, Anda perlu menggosoknya atau mencucinya. Tidak hanya itu, jika ditemukan kerusakan, segera perbaiki hingga semua jeruji sangkar terpasang kuat.

 

4. Kondisi Burung yang Sehat

Memaster burung trucuk agar mendapatkan hasil maksimal harus melihat kondisi burung itu sendiri. Pastikan burung trucuk Anda dalam keadaan sehat, fit, dan bersemangat. Cara menandainya sangat mudah yakni burung trucuk akan aktif bergerak dan berkicau pada pagi hingga malam hari.

 

Jangan memaksakan pemasteran trucuk jika kondisinya kurang baik. Hal ini bisa memicu munculnya stress hingga proses pemasteran malah gagal total. Ketika ditemukan masalah kesehatan yang mengganggu segera diatasi agar tidak berlarut-larut.

 

5. Pemasteran dengan Digantang

Berada di tempat keramaian juga bisa menjadi alternatif untuk melatih mental trucuk saat proses pemasteran. Sangkar digantang dengan burung jenis lainnya dan dibiarkan menjalani pemasteran secara alami. Sebaiknya jarak gantang antar burung minimal 1 meter.

 

6. Terapi Pemasteran

Terapi juga diperlukan bagi burung trucuk saat menjalani proses pemasteran. Sebab, burung juga merasa capek jika dilatih terus-menerus tanpa jeda. Khusus terapi untuk burung trucuk adalah menciptakan suasana yang mirip dengan habitat asli.

 

Burung trucuk sangat menyukai suasana hening, tenang, damai, dan alunan gemericik air yang lirih. Bagi Anda yang tinggal di pedesaan, mungkin bisa menerapkan terapi dengan meletakkan sangkar di dekat sungai atau air terjun.

 

Namun, bagi Anda yang tinggal di kota, caranya sangatlah mudah yakni letakkan sangkar di belakang atau samping rumah. Ciptakan gemericik air dari suara kran kamar mandi/ tempat wudhu. Pilihan lainnya sangkar burung diletakkan di dekat kolam ikan dengan pancuran air mancur.

 

7. Pemilihan Waktu Pemasteran yang Pas

Waktu paling ideal dalam pemasteran burung jenis apa saja dimulai dari usia 2 minggu hingga 2 bulan. Pada burung trucukan sendiri, usia keemasan untuk memasternya adalah 3 hingga hingga 2 bulan. Waktu pemasteran yang tepat akan menghasilkan suara yang baik dan bisa berkompetisi.

 

Selain memperhatikan dimulainya pemasteran, Anda perlu memberikan durasi pemasteran yang tepat. Tahapan awal Anda mulai dengan durasi maksimal 2 jam saja, 3 hari kemudian ditambah menjadi 4 jam, dan selanjutnya konsisten di angka 6 jam.

 

Anda bisa memilih waktu pemasteran sesuai keinginan. Misalnya saja untuk durasi 2 jam dimulai pada pagi hari pukul 04.30 hingga 06.30. Sedangkan untuk durasi 6 jam bisa Anda bagi menjadi 3 yakni:

· 04.30 – 06.30

· 12.30 – 14.30

· 17.00 – 19.00

 

8. Pemasteran Secara Rutin

Proses pemasteran burung trucuk akan terlihat hasilnya minimal 3 bulan. Jika menginginkan hasil kicauan yang stabil, diperlukan lebih dari 1 tahun latihan. Dari pencapaian hasil pemasteran, bisa disimpulkan jika proses ini harus dilakukan secara rutin dan konsisten.

 

Anda tidak bisa memberikan jeda yang terlalu lama karena burung trucuk akan memulai mempelajari suara dari awal lagi. Berikan pula variasi sumber masteran setiap hari agar suara trucukan terdengar unik dan khas.

 

Cara memaster trucukan cukup mudah untuk Anda lakukan sendiri di rumah. Agar lebih maksimal, Anda juga bisa meminta bantuan pada orang yang lebih ahli. Pastikan pula untuk memilih sumber masteran yang baik, seperti dari burung cucak rawa, kutilang, hingga burung gereja.

 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar