M920Vdlq3Dcbzl7ZsskfMt7MAGCBkcGVLICBNwNF

Cari Blog Ini

5+ Cara Memaster Prenjak Kepala Merah Paling Ampuh 2021

Cara Memaster Prenjak Kepala Merah - Meskipun tidak terlalu terkenal dan memiliki harga mahal seperti jenis burung kicau lainnya, ternyata prenjak juga bisa bersuara merdu jika sering dimaster dengan isian yang baik.  Tentu cara memaster prenjak kepala merah ini berbeda dengan burung kicau lainnya.

Kalau cara memasternya sudah benar, burung prenjak yang tadinya hanya digunakan sebagai burung hiasan bisa menjelma menjadi burung kicau yang gacor. Oleh karenanya, penghobi burung wajib mencoba memelihara burung yang satu ini dengan memberinya isian yang tepat.

Perlunya Pemasteran Prenjak Kepala Merah

Prenjak kepala merah adalah salah satu jenis burung prenjak yang memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri dibandingkan prenjak lainnya. Sesuai namanya, burung ini memiliki kepala berwarna merah dengan ukuran aslinya yang sangat mungil.

Walau ukurannya kecil, burung ini memiliki suara yang sangat melengking dan lantang. Kelebihannya dibandingkan prenjak lain adalah kemampuannya dalam menirukan kicauan burung lain.

Kecerdasan prenjak merah dalam menangkap dan meniru suara ini, bisa dimanfaatkan untuk melatihnya menjadi burung kicauan yang dilombakan.  Oleh sebab itu, pemasteran penting dilakukan untuk menambah variasi kicauan burung yang lebih indah dan lantang.

Selain itu, beberapa faktor berikut menjadi penyebab utama perlunya pemasteran burung prenjak merah:

· Prenjak punya bakat menirukan suara kicauan dengan baik, sehingga bisa dimaksimalkan dengan melakukan pemasteran.

· Suara asli burung prenjak pendek dan monoton, sehingga harus divariasikan dengan memberinya materi dari beberapa suara burung kicau.

· Melatih kekuatan suara prenjak agar lebih tinggi dan panjang.

· Keindahan dan variasi suara menjadi salah satu daya tarik burung, sehingga isian yang banyak bisa membuat prenjak layak dilombakan.

5 Cara Memaster Prenjak Kepala Merah Paling Ajib

cara memaster prenjak kepala merah

Agar mampu mengeluarkan kicauan yang bagus dan bervariasi, ada beberapa tahap yang wajib diperhatikan dalam memaster burung prenjak merah. Dengan cara ini, maka prenjak mampu mencerna materi masteran dengan baik dan mengeluarkannya secara jelas.

Berikut cara-cara yang bisa dilakukan dalam memaster burung prenjak merah agar hasil kicauannya lebih menarik dan variatif:

1. Tentukan Waktu yang Tepat untuk Memaster Prenjak

Dalam melakukan pemasteran burung tidak harus menunggu masa mabung atau pergantian bulu. Pemasteran boleh dilakukan kapan saja, sesuai dengan jenis dan kebiasaan burung yang dipelihara.

Khusus untuk prenjak merah, waktu yang paling tepat adalah  saat jam istirahatnya. Biasanya prenjak merah istirahat pada jam 1 sampai setengah 3 siang. Sementara malam hari burung ini mulai istirahat jam setengah 5 hingga esok hari.

Saat jam istirahat inilah burung bisa dimaster dengan isian yang tepat dan menggunakan suara yang lebih lembut, agar tidak terlalu mengganggu waktu istirahatnya.

2. Pastikan Kondisi Burung Sedang Tidak Aktif

Meskipun sudah mengetahui waktu istirahat dari burung prenjak, tetap saja Anda harus memastikan bahwa kondisi burung sedang tidak aktif. Terkadang walaupun sudah memasuki masa istirahat, beberapa prenjak masih banyak yang aktif berkicau.

Faktor penyebabnya biasanya karena makanannya yang terlalu sering diberikan protein tinggi, sehingga burung sering birahi dan aktif ketika waktu istirahat.

3. Kondisikan Burung Menjadi Lebih Nyaman Saat Istirahat

Semakin nyaman prenjak beristirahat, semakin mudah juga ia mempelajari materi masteran yang diberikan. Oleh sebab itu, pastikan untuk memberikan tempat dan kondisi yang nyaman untuk burung prenjak.

Misalnya memberikan makanan yang cukup, membersihkan kandangnya dari kotoran, serta memandikannya terlebih dahulu agar dalam kondisi segar. Selain itu, hal terpenting yang tidak boleh dilewatkan adalah menutupi kandangnya dengan kerodong dan menjauhkannya dari cahaya terang.

4. Gunakan Metode yang Tepat


Cara memaster prenjak kepala merah
dibedakan menjadi 2, yakni metode alami dan buatan. Cara alami yang bisa dilakukan dalam memaster burung prenjak adalah dengan menggunakan burung kicau lain.

Ketika prenjak tinggal di alam bebas atau di hutan, mereka akan memiliki kicauan bervariasi karena sering mendengar kicauan burung lainnya. Metode ini cukup efektif jika kebetulan memiliki atau memelihara burung masteran di rumah.

Tapi kalau belum ada waktu untuk memelihara burung masteran, tidak ada salahnya menggunakan metode modern atau buatan, yakni dengan mp3.

Saat ini sudah banyak mp3 suara burung kicau yang bisa dijadikan isian prenjak. Pastikan mp3 yang didownload memiliki suara yang bening dan mirip seperti aslinya. Penggunaannya bisa dengan memutar mp3 tersebut dari jarak yang agak jauh dari kandang.

5. Pilih Isian dengan Nada yang Tidak Terlalu Panjang

Meskipun mampu mengeluarkan suara yang lantang dan nembak, prenjak tidak bisa menirukan suara kicauan yang nadanya terlalu panjang tanpa jeda. Oleh sebab itu, pemilihan masteran juga harus yang sesuai dengan kemampuan burung prenjak merah.

Hal yang Harus Dihindari Saat Proses Memaster Prenjak

Dalam melakukan pemasteran terhadap burung prenjak, ada beberapa hal yang harus dihindari. Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak berdampak negatif pada burung ataupun mengurangi efektivitas pemasteran yang dilakukan. Beberapa hal yang perlu dihindari di antaranya adalah:

1. Memaster Burung Saat Sedang Aktif

Jangan mencoba memaster burung saat kondisinya sedang aktif. Prenjak yang sedang aktif tidak akan bisa mendengarkan materi masteran dengan tenang. Justru burung aktif akan cenderung menjawab kicauan yang didengarnya sebagai perlawanan.

Dampak buruknya, apabila kondisi burung sedang tidak siap akan menyebabkannya stres dan justru macet bunyi.

2. Memaster Prenjak dengan Kondisi Tidak Dikerodong

Sama dengan manusia, apa yang dilihat burung akan mengganggu fokusnya dalam mendengarkan materi masteran. Terlebih kalau metode pemasteran yang digunakan secara alami, yakni dengan meletakkan burung kicau lain.

Prenjak justru akan stres dan minder karena mendengar kicauan yang gacor dari burung masteran yang disandingkan. Jadi, kerodong kandang ini wajib dilakukan dalam pemasteran dengan segala metode.

3. Memilih Isian yang Terlalu Banyak dalam Satu Pekan

Salah satu cara membuat kicauan burung prenjak menarik adalah dari banyaknya variasi isian yang bisa dikeluarkan. Namun, bukan berarti Anda harus memaksa prenjak untuk mempelajari banyak materi dalam waktu yang singkat.

Banyaknya isian yang diputar secara berganti-ganti akan membuat prenjak bingung dan sulit menirukan salah satunya.

Sebaiknya dalam satu pekan beri materi masteran dari satu jenis dulu untuk dipelajari burung. Setelah burung mampu mengeluarkan isian tersebut, barulah boleh mengganti materinya dengan variasi yang lain.

4. Memutar Materi Masteran dengan Jarak Terlalu Dekat dan Suara Keras

Suara masteran yang diletakkan terlalu keras dan dekat dengan prenjak justru akan mengganggu istirahatnya. Akibatnya prenjak bukannya mendengarkan dan mempelajari materi, namun malah terganggu dengan suara tersebut dan tidak bisa istirahat.

Cukup gunakan suara yang lembut dan agak jauh dari tempat istirahat burung. Alunan yang lembut akan terekam oleh otak prenjak secara otomatis sambil beristirahat tanpa merasa terganggu.

Beberapa cara memaster prenjak kepala merah di atas bisa langsung Anda terapkan jika kebetulan memiliki peliharaan tersebut di rumah. Namun, pastikan untuk merawat prenjak merah dengan cara yang benar agar bisa lebih gacor dan mengeluarkan isian dari hasil pemasteran yang dilakukan.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar