M920Vdlq3Dcbzl7ZsskfMt7MAGCBkcGVLICBNwNF

Cari Blog Ini

7+ Cara Memaster Murai Trotol Yang Tepat dan Gacor 2021

Cara Memaster Murai Trotol - Murai Trotol adalah salah jenis burung yang banyak dipelihara oleh pecinta hewan. Burung ini memiliki warna yang cantik dan mampu berkompetisi dari kicauan suara paling unik. Agar bisa ikut kompetisi, Anda perlu mengetahui cara memaster murai trotol dengan baik dan benar.

 

Cara Memaster Murai Trotol yang Tepat dan Benar

cara memaster murai trotol


1. Waktu Pemasteran

Memulai pemasteran burung harus dilakukan di waktu yang tepat. Pada jenis murai trotol biasanya bisa Anda mulai sejak usia 3 minggu. Usia ini menjadi usia yang ideal karena murai trotol akan mudah menyerap suara, memiliki fokus yang tinggi hingga menirukannya dengan baik.

 

Masa keemasan pemasteran murai trotol berlangsung hingga usia 1,5 bulan. Namun, dengan catatan murai trotol adalah burung rawatan sendiri, bukan dari alam liar. Jika Anda mendapatkan burung dari alam liar, Anda perlu lebih sabar dan telaten saat proses pemasteran.

 

Mengapa demikian? Burung murai trotol dari alam liar cenderung memiliki suara kicauan yang sudah terbentuk dengan karakter yang sulit diubah. Selain itu, perhatikan pula usia murai trotol liar. Jika sudah lebih dari 2 bulan, kecil kemungkinan dilakukan pemasteran.

 

Selama proses pemasteran, burung murai trotol membutuhkan waktu selama 2 jam sampai 6 jam setiap harinya. Anda bisa melakukannya dalam 1 waktu sekaligus atau dibagi menjadi 2 dan 3 waktu. Pada tahap awal, mulailah menggunakan sumber masteran yang tajam, tetapi halus.

 

Misalnya Anda memiliki murai trotol usia 1 bulan yang akan dimaster, maka waktu yang bisa diambil adalah:

· 1x Sehari

Waktu pemasteran bebas bisa di pagi, siang, atau sore hari. Durasi pemasteran pada tahap awal cukup selama 2 jam. Selanjutnya 4 jam dan setelah 1 bulan rutin 6 jam sehari. Misalnya saja pagi hari mulai dari jam 05.00 hingga 07.00 atau 12.00 hingga 16.00.

· 2x Sehari

Pemasteran selama 2x sehari bisa dilakukan pada pagi dan sore hari saja. Ketentuan waktunya bebas, tetapi pada umumnya pecinta murai trotol akan menggunakan jam 05.00 hingga 07.00 (pagi harinya) dan jam 16.00 hingga 18.00 (sore harinya).

· 3x Sehari

Pembagian waktu pemasteran sebanyak 3x sehari bisa dilakukan pada pagi hari pukul 09.00 – 12.00, siang hari pukul 13.00 – 14.30, dan sore hari pukul 17.30 – 18.00. Pastikan untuk menyediakan air dan makanan di sangkar selama proses pemasteran.

 

2. Kondisi Burung dan Sekitarnya

Cara memaster murai trotol juga harus memperhatikan kondisi burung itu sendiri dan sekitarnya. Murai trotol dapat dimaster dengan keadaan fokus dan mudah jika kondisi tubuhnya sehat dan fit. Artinya murai trotol aktif berkicau dan bergerak di pagi hingga sore hari.

 

Selanjutnya, Anda perlu melihat kondisi sangkar burung. Apakah sangkar dalam kondisi bersih atau kotor? Jika dirasa cukup kotor dan bakal mengganggu si murai trotol, lakukan pembersihan terlebih dahulu. Sangkar yang bersih akan membuat murai trotol nyaman, tenang, dan fokus berlatih.

 

Tidak hanya kondisi sangkar, burung murai trotol menyukai kondisi alam yang tenang dan asri. Habitat aslinya berada di kawasan hutan dengan gemericik air dari aliran sungai atau air terjun. Sehingga, Anda harus membuat suasana yang serupa saat memeliharanya di rumah.

 

Untuk mendapatkan suasana ini, Anda bisa meletakkan burung murai trotol di belakang rumah dengan tambahan suara aliran air dari kolam ikan/ kamar mandi dan tempat wudhu. Selain itu, berikan cahaya yang cukup, tetapi tidak terlalu terang.

 

3. Jenis Burung untuk Pemasteran yang Disarankan dan Dilarang

Ada banyak jenis burung yang bisa digunakan sebagai masteran suara. Namun, tidak semuanya dibolehkan untuk proses pemasteran burung murai trotol. Hal ini dikarenakan jenis burung masteran yang tidak dapat justru merusak kicauan murai trotol.

 

Setidaknya ada 5 jenis burung yang sangat direkomendasikan sebagai sumber masteran yakni kenari, cililin, cucak jenggot, pelatuk, dan lovebird. Jenis burung ini memiliki tipe suara yang halus dan agak kasar, tetapi sangat tajam dan jelas.

 

Sedangkan beberapa jenis burung yang tidak boleh digunakan sebagai masteran untuk murai trotol, di antaranya adalah:

Jalak suren

Jalak kebo

Blackthroat

Prenjak

Cucak ijo

Cucak rowo

Betet

Kutilang

Beo dan sebagainya

 

Selain beberapa jenis burung, suara hewan lain seperti kucing dan anjing juga perlu dihindari karena dapat membuat mental murai trotol down dan stress. Jika sudah terjadi demikian, suara murai akan macet dan tidak berkualitas.

 

4. Media Pemasteran

Media yang digunakan untuk pemasteran burung murai trotol terbagi menjadi 2 jenis yaitu:

· Penggunaan Suara Burung Asli

Media yang paling banyak digunakan dan menghasilkan kicauan murai trotol yang bagus adalah menggunakan suara asli dari burung hidup. Jenis burung yang disarankan sudah diterangkan pada informasi di atas.

 

Jika menggunakan burung asli, sebaiknya pilihlah beberapa jenis dan digantang dalam satu waktu secara bersamaan. Lakukan pemasteran secara rutin setiap hari. Anda juga bisa memilih sumber masteran yang berbeda pada pergantian hari.

 

· Penggunaan Suara dari MP4 dan MP3

Media yang sangat praktis dan tidak membutuhkan tempat yang luas adalah menggunakan suara dari MP4 dan MP3. Anda bisa memperdengarkan suara secara online maupun offline lewat televisi, smartphone, tape recorder, tablet, hingga laptop.

 

Namun, penggunaan media ini sangat disarankan untuk dilakukan secara offline agar tidak membutuhkan banyak kuota, sehingga tidak perlu membayar tagihan terlalu banyak. Unduh sebanyak mungkin masteran suara sesuai kebutuhan dan simpan dalam flashdisk.

 

5. Pakan yang Bergizi

Tidak hanya dipengaruhi oleh faktor luar, khususnya sumber masteran, tetapi juga pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan murai trotol. Pilihlah jenis pakan yang berkualitas seperti jangkrik, kroto segar, dan ulat ukuran kecil atau sedang.

 

Anda perlu menambahkan multivitamin seperti voer yang berbentuk padat maupun cair. Untuk jenis kroto, selalu berikan kroto segar setiap hari minimal sebanyak 10 butir. Jika ada sisa, Anda harus membuangnya dan menggantinya pada esok hari.

 

6. Proses Pemasteran Harus Kreatif

Pemasteran burung murai trotol harus dikreasikan agar setiap harinya mendapatkan suasana baru, baik untuk si burung sendiri maupun pemiliknya. Hal ini juga mampu meningkatkan semangat, sehingga pemasteran akan mendapatkan hasil lebih baik dan optimal.

 

Kreasi yang dimaksud bisa berupa pemilihan sumber suara, lokasi pemasteran yang berganti-ganti hingga pemberian pakan yang berbeda. Anda juga bisa bertemu dan saling bertukar pikiran dengan sesama komunitas murai trotol.

 

7. Pemasteran yang Konsisten

Cara memaster murai trotol yang paling ampuh adalah dilakukan dengan benar dan konsisten. Konsistensi ini tergantung dari niat Anda saat memaster murai trotol. Kadang kala banyak pemula yang hanya semangat di awal (1 bulan hingga 2 bulan pertama).

 

Namun, proses pemasteran yang menghasilkan kicauan berkualitas, unik, dan berciri khas membutuhkan setidaknya 6 bulan latihan. Semakin sering dilatih dan diberikan banyak variasi, kicauan murai trotol Anda akan bisa berkompetisi dan berpotensi untuk meraih juara.

 

Pemasteran burung murai trotol bisa berjalan dengan baik jika Anda menerapkan 7 cara di atas secara konsisten dan benar. Perhatikan setiap cara-caranya dan bila perlu tambahkan cara lain sesuai kondisi burung murai trotol yang dipelihara. 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar