M920Vdlq3Dcbzl7ZsskfMt7MAGCBkcGVLICBNwNF

Cari Blog Ini

7+ Cara Memaster Burung Tledekan Paling Gacor 2021

Cara Memaster Burung Tledekan - Tledekan merupakan burung kicau yang memiliki suara khas ngobra, gacor, dan bersifat agresif. Sayangnya, tledekan yang baru dipelihara dalam sangkar tetap harus menyesuaikan diri. Salah satu tips memancingnya agar mau bersuara lagi adalah dengan cara memaster burung tledekan.

Agar isian yang dikeluarkan variatif dan menambah kepercayaan diri tledekan, tentu proses pemasteran tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada beberapa langkah yang harus diterapkan sejak persiapan burung hingga proses pemasteran itu sendiri.

Persiapan Pemasteran Burung Tledekan

cara memaster burung tledekan


Langkah awal yang sangat penting dan juga berpengaruh besar terhadap kesuksesan pemasteran tledekan adalah persiapan burung agar siap dimasteri. Langkah persiapan ini akan berjalan dengan baik jika pemilik burung peka terhadap kebiasaan dan kesukaan peliharaannya.

Beberapa persiapan yang wajib dilakukan sebelum pemasteran burung tledekan adalah:

1. Pilih Burung yang Potensial

Dari beberapa burung yang berhasil Anda tangkap di alam atau dibeli dari orang lain, tentu tidak semua bisa dimasteri dengan isian yang diinginkan. Ada beberapa kriteria yang bisa dijadikan tolak ukur dalam memilih bibit burung yang siap dimasteri, di antaranya:

· Lincah dan banyak gerakannya

· Nafsu makannya sangat tinggi

· Tidak memiliki cacat fisik

· Memiliki leher yang panjang dan berisi

· Paruhnya memiliki pangkal yang lebar dan panjang

· Posisi lubang hidung pada paruh dekat dengan mata

2. Siapkan Kandang yang Nyaman dan Aman

Cara memaster burung tledekan juga lebih efektif apabila kondisi kandang yang dijadikan tempat pemasteran bersih dan nyaman untuk istirahat.

Jangan malas membersihkan kotorannya dan menyemprot kandangnya. Selain bersih, kandang yang nyaman juga harus aman dari gangguan hewan lainnya serta bebas bising.

3. Jadwalkan Waktu yang Tepat

Sebelum memaster tledekan, amati rutinitasnya dan perhatikan kapan tledekan benar-benar diam beristirahat. Lakukan pengamatan ini selama 3 hari untuk memastikan bahwa pada jam tersebut tledekan benar-benar beristirahat.

4. Penuhi Nutrisi Burung yang Dimasteri

Burung tledekan yang siap dimasteri memiliki tubuh yang sehat dan otak lebih cerdas. Untuk mewujudkan itu, maka nutrisinya juga harus dipenuhi melalui pemenuhan gizi makanannya. Tledekan bisa diberikan vitamin harian serta ekstra fooding setiap hari.

Penuhi juga proteinnya dengan memberi makan 2 jangkrik  sebelum mandi, sesendok kroto sesudahnya. Selain jangkrik, ada juga makanan berprotein tinggi yang cocok untuk tledekan seperti ulat hongkong dan belalang.

5. Rajin Menjemur Burung

Berjemur memiliki banyak manfaat bagi burung agar bebas dari jamur dan menambah staminanya. Khusus untuk burung tledekan sendiri, waktu penjemuran yang paling tepat adalah kisaran jam 7 hingga 10 pagi, sedangkan durasinya bisa 1 sampai 2 jam .

Cara Memaster Burung Tledekan

Kalau tahap persiapan sudah dilakukan dengan baik, selanjutnya barulah masuk dalam tahap pemasteran. Supaya pemasteran bisa membuahkan hasil, ada beberapa cara memaster tledekan yang harus diterapkan, di antaranya:

1. Gunakan Sangkar Berukuran Sedang

Dalam memaster burung tledekan, jangan menggunakan sangkar yang terlalu lebar atau kecil. Sangkar yang terlalu lebar akan membuat tledekan malah aktif bergerak dan kehabisan tenaga. Sebaliknya, sangkar yang terlalu kecil akan membuat burung tidak nyaman.

Bahkan pada beberapa kasus, ada burung tledekan yang macet bunyi karena dimasteri pada kandang yang terlalu lebar. Oleh karena itu, gunakan ukuran kandang standar yang tidak lebar dan tidak sempit.

2. Sandingkan dengan Masteran Berkualitas

Baik masteran alami ataupun menggunakan audio harus menggunakan yang berkualitas. Untuk masteran burung asli, pilihlah yang suaranya jernih, lantang, gacor, dan memiliki mental petarung yang baik.

Sedangkan jika menggunakan audio, gunakan CD atau Mp3 berkualitas yang bisa dibeli di tempat terpercaya. Apabila ingin mencoba menggunakan Mp3 masteran gratis yang banyak tersebar di internet, perhatikan kejernihan suaranya dan pastikan suaranya tidak macet-macet.

3. Pilih Masteran yang Sesuai Karakter Tledekan

Cara memilih masteran yang sesuai dengan karakter suara tledekan sebenarnya tidaklah sulit. Cukup melihat kesamaan ciri fisik tledekan dengan burung pemaster. Karena tledekan memiliki tubuh yang mungil, maka masterannya juga dipilih yang mungil karena karakter suaranya mirip.

Selain itu, sesuaikan juga tinggi suara tledekan dengan burung pemaster. Jangan sampai suara burung pemaster jauh lebih tinggi atau justru lebih rendah. Kalau hal ini tetap dilakukan, tledekan akan sulit menirukan suara masterannya. Bahkan bisa mengakibatkan keluarnya isian yang fals.

Khusus untuk tledekan yang memiliki karakter suara ngeroll, bisa dimasteri dengan suara burung blackthroat dan pleci. Sementara tledekan dengan tipe suara lainnya bisa dimasteri dengan beberapa isian berikut:

· Burung prenjak

· Burung kenari

· Burung gereja

· Burung ciblek

· Burung kolibri

· Burung lovebird

· Burung celilin

· Burung gelatik

4. Letakkan pada Posisi yang Tepat

Agar proses pemasteran bisa lebih singkat dan efektif, posisi burung tledekan yang dimasteri bisa sambil dijemur. Posisinya harus berada lebih tinggi dibandingkan burung yang dijadikan masterannya.

Kalaupun ingin menyandingkannya dengan posisi berjajar, pastikan untuk menutup salah satu sisi kandang yang berbatasan langsung dengan burung masterannya. Posisi pemasteran sambil dijemur tanpa dikerodong ini cukup efektif untuk memaster burung tledekan agar cepat keluar isian.

5. Jangan Memberikan Materi Baru Sebelum Isian Pertama Keluar

Pada dasarnya, setiap burung memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Pada burung tledekan yang tergolong cerdas mungkin ada yang berhasil dimaster sekaligus dengan banyak isian dalam sepekan pemasteran.

Tetapi cara ini kurang efektif bagi pemula yang tidak begitu memahami karakter burung dan kecerdasannya. Oleh karenanya, lebih baik memberi 1 materi masteran sampai burung bisa mengeluarkan isiannya. Setelah itu, barulah diberi suara masteran lainnya agar bervariasi.

6. Lakukan dengan Rutin

Cara memaster burung tledekan akan memberikan hasil yang maksimal kalau dilakukan secara rutin. Anda harus punya jadwal yang konsisten dalam memasteri tledekan, misalnya sekali atau dua kali sehari pada jam istirahatnya.

Tidak perlu melakukan pemasteran terlalu lama, cukup 1 sampai 2 jam yang penting rutin. Daripada berlama-lama namun dilakukan jarang-jarang.  

7. Bila Perlu Dimasteri dalam Perlombaan Burung Fighter

Jika mental tledekan yang dimiliki cukup baik, bisa juga memaster burung ini di tempat perlombaan burung kicau yang memiliki suara setipe dengan tledekan.  Letakkan tledekan tidak jauh dari tempat perlombaan dan dikerodong untuk menjaga mentalnya.

Hal yang Harus Dihindari Saat Pemasteran

Sebagai burung  yang sangat agresif, ada beberapa kondisi yang harus dihindari dalam proses pemasateran tledekan agar tidak berakibat fatal di antaranya:

1. Dimasteri dengan Burung Sejenis

Memasteri tledekan dengan burung aduan sejenis akan memancing emosinya, sehingga akan terus berkicau menyahut kicauan pemasternya. Apabila tledekan yang dimasteri kalah, tentu mentalnya bisa jatuh dan macet bunyi.

2. Dimasteri Ketika Sedang Over Birahi

Salah satu kekurangan tledekan adalah mudah birahi. Apabila protein yang diberikan terlalu berlebihan, burung akan mengalami over birahi. Kondisi ini tentu sangat buruk jika digunakan untuk proses pemasteran.

3. Dimasteri di Lokasi yang Terlalu Panas

Selain kurang nyaman, cuaca yang panas juga membuat tledekan mudah birahi. Meskipun memasuki masa istirahat, tledekan akan lebih agresif dan aktif di musim panas. Pada saat ini, tentu materi masteran yang diputar tidak akan disimak dengan baik.

Meskipun tledekan sudah jarang dilombakan, namun suaranya masih sering dijadikan pemaster alami yang efektif. Oleh karenanya, Anda tetap bisa memelihara tledekan dengan menggunakan cara memaster burung tledekan  yang benar sebelum dijadikan pemaster bagi burung lainnya. 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar