M920Vdlq3Dcbzl7ZsskfMt7MAGCBkcGVLICBNwNF

Cari Blog Ini

7+ Cara Memaster Burung Pleci paling Ampuh 100% Gacor (2021)

Cara Memaster Burung Pleci - Burung pleci adalah salah jenis burung yang dapat dipelihara dan cukup banyak diminati oleh penghobi. Warnanya yang cantik dan tubuh mungilnya, semakin menarik jika ditambah dengan kicauan merdu. Ada 7 cara memaster burung pleci agar memiliki suara nyaring dan sering ngoceh. Simak ulasan berikut:

 

Cara Memaster Burung Pleci yang Baik dan Benar

cara memaster burung kicau


1. Waktu dan Tempat Pemasteran

Langkah pertama untuk memaster burung pleci yang mungil dan cantik adalah memperhatikan waktu beserta tempat pemasteran. Pemilihan waktu sangat menentukan keberhasilan Anda dalam memaster burung pleci.

 

Biasanya pemasteran dilakukan saat burung sedang beristirahat. Untuk langkah awalnya, lakukan pemasteran di pagi hari saja mulai pukul 04.00 hingga 06.00 (durasi 2 jam). Lakukan selama 3 hari, kemudian lanjutkan dengan penambahan waktu pemasteran pada pukul 18.00 hingga 20.00.

 

Setelah burung pleci Anda terbiasa, Anda bisa menggunakan 4 jam ini sekaligus (1 waktu) atau tetap dipecah menjadi 2 masing-masing 2 jam. Selain itu, perhatikan pula tempat pemasteran dilakukan. Tempat yang dimaksud ada 2 yakni:

· Sangkar Burung

Burung pleci memiliki konsentrasi yang cukup sulit, apalagi saat masih usia muda. Agar proses pemasteran berjalan dengan baik, Anda harus menutup seluruh bagian sangkar dengan kain atau dikerodong agar menimbulkan suasana yang tenang dan rileks untuk si burung.

 

Jika kondisi tenang, maka burung pleci dapat belajar menirukan suara lebih mudah dan terfokus. Selain itu, kondisi di dalam sangkar juga harus bersih tanpa ada kotoran atau hal-hal yang mengganggu.

 

· Area Luar Sangkar

Pada tahap awal, burung pleci membutuhkan suasana tenang agar lebih nyaman saat proses pemasteran. Tidak hanya menciptakan suasana tenang dalam sangkar saja, tetapi area di luar juga tidak boleh terlalu ramai atau gaduh selain suara masteran.

 

Selama proses pemasteran, pastikan areanya jauh dari keramaian dan hanya ada suara masteran burung dari jarak jauh, tetapi terdengar jelas.

 

2. Kondisi Burung

Tidak hanya tempat dan waktu saja, tetapi juga harus memastikan kondisi burung dalam keadaan baik, khususnya mentalnya. Burung pleci yang akan dimaster dapat mencapai hasil yang diinginkan jika kondisinya sehat dan memasuki masa mabung atau nyulam/ moulting.

 

Masa moulting ini artinya burung dalam keadaan sehat dan bugar karena mengalami peningkatan metabolisme dan bulu-bulu yang baru mulai tumbuh. Pada kondisi ini, burung pleci akan lebih mudah menerima masteran burung, sehingga bisa menghasilkan suara kicauan yang maksimal.

 

3. Jenis Burung Masteran

Proses pemasteran biasanya menggunakan berbagai jenis burung sebagai masternya. Pada tahapan awal biasanya dilakukan dengan jenis burung yang sama. Hal ini untuk memunculkan suara kicauan dasar. Selanjutnya akan dimaster dengan 2 burung atau lebih.

 

Burung pleci memiliki ingatan yang kurang baik, sehingga tidak bisa menerima masteran burung lebih dari 3. Beberapa referensi jenis burung yang bisa bisa Anda jadikan masteran adalah:

· Blackthroat

· Siskin

· Mozambik

· Kolibri

· Prenjak

· Pelatuk

· Cucak jenggot

· Gelatik wingko

· Kenari

· Goldfinch

· Burung gereja dan sebagainya

 

4. Alat Pemasteran

Cara memaster burung pleci juga harus memperhatikan alat yang digunakan. Proses pemasteran pasti membutuhkan bantuan, baik dari masteran burung hidup atau menggunakan media, seperti smartphone, tape recorder, TV, VCD/ DVD, tablet, laptop, dan sebagainya.

 

Pemasteran menggunakan burung asli akan menghasilkan suara kicauan yang lebih alami dan biasanya membutuhkan waktu lebih lama. Anda harus sabar jika menggunakan alat alami ini dan harus rajin melakukan pemasteran dengan berbagai jenis burung.

 

Sedangkan jika Anda menggunakan alat kekinian, proses pemasteran menjadi lebih praktis karena cukup memutarkan suara masteran burung dan bisa Anda tinggal untuk beraktivitas. Anda bisa memperdengarkan masteran burung secara offline dan online. Mekanismenya sebagai berikut:

· Pemasteran Offline

Anda harus mengunduh beberapa suara kicauan burung dari internet. Pastikan memilih jenis burung yang dianjurkan seperti keterangan yang sudah disebutkan di atas. Hasil unduhan bisa Anda simpan di memori smartphone, flashdisk, hingga VCD.

 

Selanjutnya pemutaran suara masteran Anda sesuaikan dengan durasi yang diinginkan. Metode ini jauh lebih efektif dibandingkan pemasteran online karena Anda tidak perlu menghabiskan banyak kuota, sehingga lebih hemat.

 

· Pemasteran Online

Pemasteran online dilakukan hanya bagi Anda yang memiliki jaringan WiFi atau kuota internet berlebihan. Anda bisa menggunakan media Youtube dengan kata kunci ‘suara burung pleci’ atau sesuaikan dengan burung peliharaan.

 

Pemasteran online tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena Anda diharuskan terkoneksi dengan internet selama lebih dari 2 jam. Jika menggunakan cara ini, pastikan memilih durasi yang panjang minimal 1 jam dengan mode ‘terus putar’

 

5. Terapi Pemasteran

Terapi tidak hanya dilakukan oleh manusia saja ketika merasa penat atau lelah dengan aktifitas sehari-hari. Ternyata, proses pemasteran burung pleci juga membutuhkan terapi agar hasil yang didapat lebih maksimal.

 

Burung pleci adalah jenis burung yang habitat aslinya berada di alam liar dengan adanya aliran air mengalir. Biasanya berada di kawasan sungai atau air terjun. Anda tidak perlu membawa si burung pleci ke habitat asalnya, tetapi membuat suasana yang hampir sama dengan habitatnya.

 

Setelah semua sangkar tertutup oleh kain, Anda cukup meletakkan burung di area kamar mandi, kolam ikan, atau dekat tempat wudhu. Pancuran dari air mengalir akan disangka burung pleci sebagai suara aliran sungai dan air terjun.

 

Suasana ini akan membuat burung pleci lebih rileks dan fokus, sehingga ketika menjalani proses pemasteran, si burung dapat belajar lebih cepat. Namun, suara air mengalir juga harus dibuat sealami mungkin (perlahan-lahan) dan tidak berlebihan.

 

6. Pemberian Asupan yang Bergizi

Kondisi burung pleci yang sehat sangat dipengaruhi dengan perawatan dan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sebagai pemilik burung pleci dan hendak melakukan pemasteran, Anda harus menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi serta menambahkan multivitamin.

 

Multivitamin yang diperlukan burung pleci bisa didapatkan dari sayur-sayuran dan buah. Selain itu, Anda bisa juga menambahkan suplemen khusus burung pleci seperti voer golden cup, voer leopard, dan voer pleci 220 volt. Anda bisa mendapatkannya di toko burung terdekat.

 

7. Usia Burung

Cara terakhir untuk memaksimalkan pemasteran burung pleci adalah memastikan usia burung sudah cukup dan siap menjalani pemasteran. Bagi Anda yang sudah merawat burung pleci dari kecil, usia yang pas untuk pemasteran adalah 2 minggu.

 

Mungkin memang tampak terlalu dini, tetapi saat usia 2 minggu inilah Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Burung pleci usia 14 hari masih belum bisa berkicau, sehingga jika diperdengarkan kicauan akan lebih fokus dan mudah mengikuti.

 

Namun, jika Anda mendapatkan burung pleci liar, maka segeralah melakukan pemasteran. Kondisi ini membutuhkan waktu lebih lama karena pleci liar sudah mendapatkan master suara dari berbagai jenis burung dan terpengaruh oleh banyak faktor.

 

Banyak hal yang harus diperhatikan saat memaster burung pleci. Cara memaster burung pleci di atas bisa menjadi referensi Anda agar mendapatkan suara masteran yang bagus dan berkualitas. Lakukan pemasteran secara rutin dan ikutilah ajang kompetisi untuk mengasahnya lebih baik.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar