M920Vdlq3Dcbzl7ZsskfMt7MAGCBkcGVLICBNwNF

Cari Blog Ini

6+ Cara Memaster Burung Kolibri Paling Ampuh 100% Gacor

Cara Memaster Burung Kolibri - Burung kolibri merupakan jenis burung dengan paruh kecil dan panjang yang menghasilkan kicauan merdu. Guna mendapatkan suara khas kolibri, biasanya para penghobi akan melakukan pemasteran. Cara memaster burung kolibri sendiri sangatlah beragam. Apa sajakah yang bisa dilakukan?

 

Cara Memaster Burung Kolibri agar Nyaring dan Gacor

cara memaster burung kolibri


Pemasteran burung sudah sangat sering dilakukan, termasuk pada burung kolibri jenis ninja. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, tetapi 5 cara dasar berikut dapat memaksimalkan proses pemasteran kolibri, di antaranya:

1. Memastikan Kondisi Sangkar

Cara pertama dan yang cukup penting untuk dilakukan adalah memastikan kondisi sangkar burung dalam keadaan baik dan bersih. Lakukan pembersihan ini secara rutin dan buang semua kotoran burung setidaknya 1x sehari.

 

Suasana sangkar yang bersih akan membuat burung lebih nyaman dan terhindar dari stress. Ketika burung merasa rileks dan senang, proses pemasteran bisa bekerja lebih maksimal dan hasilnya pun akan memuaskan.

 

Pada langkah awal, Anda bisa memaster burung kolibri dengan keadaan sangkar tertutup. Langkah ini dilakukan hampir pada semua jenis burung yang akan dimaster. Tujuannya agar burung berkonsentrasi dan memiliki fokus yang tinggi pada sumber masteran.

 

2. Memancing Kolibri dengan Kolibri Betina

Burung kolibri yang akan menjalani pemasteran biasanya burung kolibri jantan. Sifat dari kolibri jantan ini akan lebih agresif jika ada kolibri betina. Cara yang dilakukan adalah memberikan kicauan yang nyaring agar sang betina tertarik.

 

Sifat dan kondisi ini bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan proses pemasteran. Letakkan sangkar kolibri betina secara berdekatan dengan kolibri yang akan dimaster. Hal ini untuk memancing kolibri jantan agar mengeluarkan kicauannya.

 

Selain itu, Anda juga tetap perlu memberikan masteran burung, baik burung asli atau menggunakan media MP3 dan MP4 dengan suara pelan. Burung kolibri jantan yang merasa tertarik akan terus berusaha berkicau agar mendapatkan perhatian dari kolibri betina.

 

3. Sangkar Digantung di Tempat Ramai

Jika tahapan awal pemasteran sudah Anda lakukan yakni menciptakan suasana tenang, maka selanjutnya proses pemasteran dilakukan di tempat ramai. Burung kolibri termasuk burung yang cerdik dan mampu merekam suara secara detail meskipun ada suara lain di sekitarnya.

 

Anda harus menggantungkan sangkar burung kolibri di tempat yang cukup ramai. Bisa di ajang pertemuan komunitas pemelihara burung atau cukup di rumah, tetapi dalam suasana gaduh. Cara ini akan membantu burung kolibri lebih terfokus pada pemasteran suara.

 

Namun, lakukan cara ini hanya 1x seminggu saja. Jika terlalu sering justru menimbulkan ‘suara macet’ alias proses pemasteran tidak berjalan maksimal dan suara yang dihasilkan tidak memiliki ciri khas tertentu.

 

4. Pemberian Kroto Segar

Asupan makanan menjadi kebutuhan dasar dari burung kolibri yang menjalani pemasteran. Anda diwajibkan memberikan makanan yang sehat dan bergizi. Selain menyediakan makanan pokok seperti buah atau pelet, Anda bisa memberikan kroto segar.

 

Usahakan untuk menyediakan kroto segar setiap hari karena kandungan gizinya mampu membuat burung kolibri menghasilkan kicauan yang lantang. Jumlah kroto segar yang diberikan setiap harinya minimal 10 butir.

 

Namun, jika ada sisa kroto, usahakan langsung dibuang dan gantilah dengan kroto segar yang baru di keesokan harinya. Kroto bisa Anda dapatkan di pasar atau penjual makanan unggas dan burung dengan harga murah meriah.

 

Selain kroto, Anda perlu memberikan multivitamin yang bisa meningkatkan daya tahan dari si burung dan proses metabolisme tubuhnya lebih optimal. Pilihlah multivitamin yang disarankan sesuai dengan usia burung. Pemberian multivitamin biasanya dikonsumsi selama 1x seminggu.

 

5. Pemasteran Harus Rutin

Kunci sukses dalam proses pemasteran burung kolibri adalah dilakukan secara teratur dan rutin. Anda harus melakukannya setiap hari dan berikan jarak istirahat per 2 minggu selama 2 atau 3 hari. Durasi pemasteran burung kolibri minimal 4 jam dalam sehari.

 

Anda bebas memilih waktu pemasteran, asalkan disaat burung kolibri tidak dalam masa aktif. Waktu di pagi hari yang bisa Anda gunakan, misalnya antara jam 05.00 hingga 09.00. Bisa juga dibagi menjadi 2 waktu di pagi hari dan menjelang sore.

 

6. Jenis Burung Pemasteran

Burung kolibri biasanya akan dimaster dengan jenis yang sama. Tetapi, untuk menghasilkan suara yang unik dan sering gacor, Anda perlu menggunakan jenis burung lain sebagai masternya. Beberapa di antaranya yakni:

· Burung Kenari

Burung kenari biasanya menghasilkan suara dengan nada nyaring dan alunan yang cepat. Kadangkala di tengah-tengah kicauannya ada bunyi khas dengan suara melengking. Setiap alunan kicauan Kenari akan memancing burung lain untuk bersahut-sahutan.

 

· Burung Pleci

Suara burung pleci cenderung memiliki alunan yang lebih lambat dan merdu. Nada yang dihasilkan tidak terlalu nyaring tetapi konsisten. Hal ini dikarenakan burung pleci akan mengikuti alunan suara aliran air, sehingga temponya lebih perlahan.

 

· Burung Goldfinch

Jika mendengar suara goldfinch akan terdengar seperti suara tembakan dengan tempo cepat. Suara khas burung goldfinch cenderung nyaring, cepat di awal, dan merdu. Setelah 3 menit, suara akan lebih perlahan, kemudian kembali ke tempo cepat.

 

Variasi suara yang dihasilkan goldfinch juga lebih banyak. Ada yang seperti suara tembakan, suara sirine ambulance hingga suara gemericik air. Kadangkala di tengah kicauannya juga diberikan suara bernada tinggi yang melengking.

 

· Burung Gereja

Burung gereja akan memulai berkicau dengan suara perlahan. Selanjutnya seperti suara sirine dengan tempo cepat. Alunan dari suara burung gereja bisa digambarkan dengan alunan perlahan – cepat – agak perlahan dan seterusnya.

 

Masing-masing suara yang dihasilkan akan berganti-gantian dengan durasi 30 detik hingga 1 menit per suara. Semakin banyak variasi suaranya, akan semakin baik untuk digunakan sebagai master.

 

· Burung Cucak Rowo

Ketika cucak rowo berkicau, paruhnya akan terbuka lebar. Kicauan cucak rowo sangat khas karena temponya pelan dan nadanya sama dari awal hingga akhir. Setiap kicauan akan diberikan jeda sekitar 30 detik hingga 1 menit.

 

Jika Anda menggunakan masteran burung cucak rowo, maka sebaiknya tambahkan jenis burung lain. Hal ini akan membuat burung kolibri memiliki kicauan yang beragam dari berbagai jenis burung.

 

· Burung Mozambik

Burung Mozambik bisa dikatakan sebagai burung yang cerewet dan berkicau sepanjang hari. Tidak mengherankan jika jenis ini dijadikan sebagai master. Pada saat memulai berkicau, burung mozambik akan mengeluarkan kicauan dengan nada panjang dan nyaring.

 

Dilanjutkan dengan nada cepat layaknya sirine ambulance tanpa putus, kemudian disambung nada kicauan tinggi melengking, tetapi diberikan jeda sekitar 30 detik. Alunan suaranya membuat Anda merasa tenang dan nyaman. Permainan tempo suara juga unik dan khas.

 

Lakukan cara memaster burung kolibri dengan baik dan benar agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Semua proses harus dijalankan dengan telaten dan sabar karena kicauan burung akan semakin bagus jika dilatih terus-menerus. Apakah 5 cara di atas sudah Anda terapkan dengan benar?

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar