M920Vdlq3Dcbzl7ZsskfMt7MAGCBkcGVLICBNwNF

Cari Blog Ini

10+ Cara Memaster Burung Kicauan Yang Benar dan Efektif (2021)

Cara Memaster Burung Kicauan yang Benar - Memelihara hewan seperti burung tidak hanya sekedar hobi, tetapi bisa menjadi prestasi bahkan menghasilkan gaji. Caranya dengan memasterkan kicauan burung tersebut. Ada beberapa cara memaster burung kicauan yang benar agar menang kompetisi.

 

Cara Memaster Burung Kicauan yang Benar Agar Cepat masuk

cara memaster burung kicauan yang benar dan efektif


1. Pemilihan Waktu yang Tepat

Pemasteran suara burung tidak dapat Anda lakukan secara sembarang. Sebab, jika asal-asalan, pemasteran suara tidak dapat berjalan baik, bahkan bisa menimbulkan stress berat pada burung. Usahakan agar Anda memilih waktu yang tepat untuk pemasteran.

 

Waktu yang paling tepat untuk memaster suara burung adalah memasuki jam istirahat. Jam istirahat setiap burung pasti berbeda-beda. Jika istirahatnya pada siang hari, maka lakukan pemasteran mulai pukul 13.00 hingga 16.00.

 

Sedangkan apabila burung Anda beristirahat pada malam hari, maka waktu pemasteran mulai pukul 22.00 hingga 05.00. Agar hasil maksimal, kegiatan ini bisa dilakukan dua-duanya. Sumber pemasteran sendiri harus dengan volume rendah agar suara burung asli lebih terpancing.

 

2. Memastikan Kondisi Burung Sebelum Mulai Dimaster

Memastikan kondisi burung agar tetap tenang dan diam adalah hal mutlak yang harus Anda lakukan ketika akan memaster kicauannya. Jika burung terlalu aktif akibat kondisi sekitarnya, proses pemasteran tidak akan berjalan dan hanya sia-sia saja.

 

Agar lebih maksimal, Anda bisa menutupi kandang burung, sehingga merasa lebih tenang dan tidak terganggu dengan keadaan sekitar. Burung akan terfokus untuk mendengarkan suara masteran saja. Selain itu, cara ini juga membuat burung lebih percaya diri dan mentalnya terbentuk lebih baik.

 

Hal yang perlu Anda perhatikan juga adalah sumber suara diletakkan pada jarak yang cukup jauh. Sebab, semakin dekat dengan sumber suara justru membuat burung lebih kesulitan untuk menirukannya. Jangan pula terlalu keras karena dapat memecah konsentrasi burung.

 

3. Langkah Mengkondisikan Burung

Cara memaster burung kicauan yang benar adalah mengkondisikan keadaannya supaya lebih tenang, sehingga proses pemasteran berjalan baik dan optimal. Beberapa langkah yang bisa Anda gunakan adalah:

· Kondisi burung harus tetap diam

· Burung harus merasa rileks dan tenang

· Burung sebaiknya dalam kondisi istirahat

· Pemasteran dilakukan setelah burung dimandikan

· Kandang burung ditutup seluruhnya/ dikerodong

· Burung tidak melihat kondisi sekitar

· Sumber suara diletakkan agak berjauhan

· Volume sumber suara terdengar pelan tetapi jelas

· Suara masteran diputar dalam durasi cukup lama

 

4. Memilih Metode yang Sesuai

Metode yang bisa Anda gunakan untuk memaster kicauan burung ada 2 macam, yakni suara dari MP3 atau menggunakan masteran burung asli dengan suara yang khas dan bagus. Keduanya dapat menghasilkan masteran yang berkualitas jika diterapkan dengan benar.

 

Namun, menggunakan kicauan burung asli akan menghasilkan masteran yang lebih baik. Sebab suara yang akan dihasilkan lebih natural dan memiliki ciri khas tertentu. Sedangkan menggunakan suara MP3 jauh lebih praktis dan mudah untuk dilakukan siapapun, termasuk para pemula.

 

5. Burung Asli sebagai Master Suara

Ada banyak jenis burung yang bisa Anda jadikan master. Anda bisa mendapatkan burung masteran berkualitas dari para pecinta burung yang khusus melakukan jual beli. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

a. Pilih Suara Burung yang Nyaring dan Rajin Berbunyi

Cara paling ampuh untuk memaster kicauan burung adalah sumber bunyi atau burung masteran harus memiliki suara yang nyaring dan berkicau dengan durasi yang sering. Semakin seringnya sumber masteran berkicau, burung lainnya akan lebih mudah mengikuti.

 

Selama proses pemasteran, sumber bunyi tidak boleh macet atau berhenti berkicau dalam waktu yang lama karena bisa menggagalkan proses tersebut. Maka, pastikan terlebih dahulu sebelum Anda membeli burung masteran dari penjual dan membawa pulang.

 

Anda bisa melakukan tes terlebih dahulu selama 3 hari untuk mendapatkan burung masteran yang berkualitas. Pastikan juga tentang kualitasnya kepada penjual, sehingga jika tidak sesuai bisa bergaransi.

 

b. Harga Menentukan Kualitas

Burung masteran yang berkualitas dan bahkan menang dalam berbagai kompetisi, biasanya akan dijual dengan harga selangit. Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan suara yang bagus diperlukan waktu yang lama dengan proses panjang.

 

Tidak mengherankan jika burung masteran kualitas premium dibanderol dengan harga mahal. Pemilik burung masteran juga melakukan perawatan yang baik, mulai dari menjaga makanannya hingga melakukan latihan pemasteran setiap hari.

 

Jika tidak ingin membeli burung masteran dengan harga tinggi, Anda bisa menyewanya dengan harga yang lebih ekonomis. Namun, tidak semua penjual menerapkan sistem sewa. Biasanya sistem sewa ini digunakan oleh komunitas pecinta burung.

 

c. Berasal dari Sumber Terpercaya

Burung masteran dengan kualitas terbaik biasa dimiliki oleh para penghobi dan sudah berkecimpung dengan dunia burung dalam jangka waktu lama. Para hobi burung juga bergabung dengan beberapa komunitas, sehingga jangkauannya lebih luas.

 

Anda bisa mendapatkan masteran burung dari para penghobi ini atau penjual yang sudah terpercaya. Jangan mudah tergiur dengan harga murah dan menjanjikan suara masteran yang berkualitas karena harga juga sangat menentukan.

 

Jika Anda mendapatkan sumber masteran yang sudah menang kompetisi, cobalah untuk meminta sertifikat kejuaraannya agar lebih terpercaya dan pasti. Pada intinya, Anda tidak boleh terburu-buru saat membeli/menyewa burung masteran.

 

d. Sesuaikan dengan Jenis Burung

Selain memperhatikan 3 hal di atas, yang paling penting adalah kicauan seperti apa yang ingin dihasilkan dari burung peliharaan Anda. Untuk langkah awal, Anda harus memilih jenis burung yang sama. Misalnya burung kenari dimaster dengan burung kenari juga.

 

Hal ini dilakukan agar burung peliharaan Anda memiliki suara yang alami seperti jenisnya. Setelah suara dasar burung mulai terbentuk, Anda bisa menambahkan suara burung jenis lainnya, tetapi harus lebih nyaring dan aktif.

 

Suara setiap jenis burung pasti memiliki ciri khas sendiri karena memiliki lantunan nada yang berbeda-beda. Semakin banyak jenis burung yang diperdengarkan, maka suara yang terbentuk juga semakin unik.

 

Namun, setiap pemasteran kicauan burung tidak dapat dilakukan hanya dalam waktu sebentar. Anda bisa melakukan pergantian masteran burung setiap seminggu sekali dengan durasi per harinya minimal 3 hingga 5 jam.

 

6. MP3 Sebagai Master Suara

Menggunakan masteran burung dari burung asli memang memerlukan kesabaran karena berjalan secara alami. Jika Anda termasuk orang yang menyukai kepraktisan, Anda bisa memilih jalan pintas menggunakan suara audio dari MP3.

 

Keuntungan dari penggunaan MP3 ini adalah Anda cukup memperdengarkan tanpa harus sering mengecek keadaan sumber bunyi layaknya masteran burung asli. Selain itu, Anda bisa memutarkan suara secara online maupun offline.

 

Pemutaran MP3 secara online bisa Anda dapatkan dari Youtube dan sudah disediakan banyak pilihan jenis suara. Namun, jika jaringan internet terbatas, Anda langsung saja mendownload suara masteran burung dan menyimpannya di smartphone atau flashdisk.

 

Anda bisa mengunduh suara burung dari berbagai jenis dengan durasi minimal 3 jam. Jika Anda masih memiliki pemutar musik, sebaiknya gunakan itu saja agar baterai ponsel lebih hemat. Selain itu, pastikan sumber suara diputar dengan volume pelan dan jarak agak jauh.

 

Cara memaster burung kicauan yang benar harus memperhatikan waktu, kondisi burung hingga metode yang digunakan. Proses pemasteran membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga Anda harus sabar saat melakukannya. Jenis burung apakah yang sudah Anda master?

 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar