M920Vdlq3Dcbzl7ZsskfMt7MAGCBkcGVLICBNwNF

Cari Blog Ini

12+ Cara Memaster Burung Jalak Paling Gacor 2021

Cara Memaster Burung Jalak - Burung jalak dikenal sebagai satpam rumah karena kicauannya yang sangat ramai ketika ada orang yang mendekat. Kicauan yang gacor dari jalak ini sangat diminati penggemar burung kicau sehingga dipelihara. Biasanya perawatannya dilengkapi dengan tahapan cara memaster burung jalak.

Dengan tahapan tersebut, burung jalak yang semula memiliki suara dasar lantang akan terlihat semakin merdu karena lebih bervariasi.

Pemasteran Burung Jalak


cara memaster burung jalak

Meskipun jalak memiliki suara yang gacor dan pandai menirukan suara burung kicauan lainnya, namun jalak tidak digunakan sebagai burung aduan. Burung ini lebih banyak dimanfaatkan sebagai burung pemaster bagi burung kicau lainnya yang akan diikutkan lomba.

Agar suaranya lebih bervariasi dan memberikan isian yang baik pada burung kicau lainnya, pemasteran burung jalak sangat penting dilakukan. Semakin berkualitas jalak yang dimiliki, semakin baik pula burung kicau lain menirukannya.

Secara umum, ada tiga cara memaster burung jalak yang paling utama dan berpengaruh besar terhadap seluruh tahap pemasteran, di antaranya:

1. Memilih Bibit Jalak yang Berpotensi

Sebelum melakukan pemasteran, akan lebih efektif jika Anda menyeleksi terlebih dahulu jenis jalan yang memiliki potensi yang baik sejak kecil. Jalak yang memiliki kicauan lantang dan gacor biasanya bisa terlihat dari masa kecilnya yang sangat aktif bergerak dan sangat suka makan.

2. Sesuaikan Usia dan Jenis Kelaminnya

Pilih jalak yang masih berusia muda, namun sudah siap untuk dimasteri. Jangan memilih yang terlalu kecil karena bisa membuatnya justru minder. Gunakan jalak muda yang berusia sekitar 2,5 bulan.

Selain itu, pastikan untuk memilih jalak jantan karena jauh lebih agresif dibandingkan betina yang sangat  pasif.

3. Kondisinya Harus Siap

Kondisi jalak yang sudah siap dimasteri memiliki mood yang sangat baik. Biasanya mood jalak bisa dipengaruhi oleh tempat yang nyaman serta pemberian makanan yang sangat disukainya. Jika jalak cukup umur dan moodnya baik, berarti sudah siap untuk dimasteri.

Cara Memaster Burung Jalak Secara Alami

Cara memaster jalak secara alami dan buatan tentu memiliki tahapan yang agak berbeda. Karena menggunakan burung pemaster lain sebagai sumber isian, maka caranya saling berkaitan antara burung pemaster dengan jalak yang dimasteri. Berikut cara memaster jalak secara alami:

1. Persiapkan Waktu dan Tempat yang Tepat

Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam memaster burung jalak adalah memperhatikan waktu pemasteran yang tepat. Kalau biasanya burung kicau bisa dimaster pada siang dan malam hari, maka jalak lebih tepat dimaster pada pagi, sore, dan malam hari.

Pada masa-masa tersebut, masa aktif jalak akan berkurang. Terlebih saat malam hari jalak tentu akan diam beristirahat. Saat-saat inilah proses pemasteran sangat efektif dilakukan.

2. Pastikan Kenyamanan Kondisi Jalak

Jalak jenis apapun yang akan dimaster tetap harus dikondisikan senyaman mungkin. Letakkan jalan di area yang sunyi dan jauh dari gangguan hewan lainnya. Selain itu, perhatikan juga kebersihan kandangnya supaya jalak nyaman beristirahat sambil mendengar masteran.

Hal terpenting yang harus dilakukan dalam pemasteran secara alami adalah menutupi kandang jalak dengan full kerodong agar fokusnya tidak terganggu.

3. Pastikan Kenyamanan Burung Pemaster

Selain kenyamanan jalak, burung pemaster yang akan menjadi isiannya juga harus diperhatikan kenyamanannya. Kenyamanan pada burung pemaster bisa dilihat dari kondisi burung yang sudah kenyang dan percaya diri untuk terus berkicau.

Dengan begitu, burung pemaster akan mengeluarkan suara yang merdu, lantang, jernih, dan mudah direkam oleh burung jalak di dekatnya.

4. Pilih Burung Masteran yang Bersuara Jernih dan Gacor

Meskipun suara burung masteran yang dipilih mudah ditirukan, pastikan suaranya juga jernih dan sifatnya gacor. Apabila burung pemasternya jarang bersuara, tentu jalak lebih sulit menirukannya. Terlebih kalau suaranya tidak jernih dan fals.

5. Posisikan Sangkar Berdekatan dengan  Burung Masterannya

Kalau biasanya pemasteran burung harus dijauhkan dari sumber masternya, maka untuk jalak posisinya justru berbeda. Letakkan sangkar jalak secara bergantung dan berdekatan dengan sangkar dari burung masterannya.

Posisi ini akan membantu jalak untuk menirukan suara burung masteran dengan lebih jelas karena jaraknya lebih dekat.

6. Pilih Pemaster yang Suaranya Setipe

Sama dengan proses pemasteran burung kicau lainnya, untuk mempermudah jalak dalam menirukan suara masterannya, harus dipilih burung pemaster yang setipe. Beberapa jenis burung pemaster yang bisa menjadi isian jalak adalah:

· Burung kenari

· Burung blackthroat

· Lovebird

· Burung Cililin

7. Variasi Isi Bisa Diganti Secara Berkala

Agar isian jalak lebih bervariasi, pemasteran bisa diganti secara berkala. Antara isian jenis burung yang satu dengan lainnya bisa diganti dalam jangka waktu 1 hingga 2 Minggu. Proses pergantian waktu ini jauh lebih cepat dibandingkan burung pengicau lain.

Cara Memaster Burung Jalak Menggunakan Audio

Memaster burung jalak menggunakan audio dianggap lebih mudah dan praktis. Ini disebabkan karena pemilik burung tidak perlu melakukan perawatan pada burung pemaster yang akan digunakan. Meski begitu, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada metode ini, yaitu:

1. Siapkan Area dalam Ruangan yang Sunyi untuk Pemasteran

Agar suara mp3 lebih jelas dan menggema, pemasteran jalak bisa dilakukan di dalam ruangan. Penggunaan ruangan khusus akan bebas dari kondisi bising yang bisa mengganggu fokus jalak. Tetapi ruangan yang digunakan juga harus dijangkau udara dari luar, supaya segar dan tidak panas.

2. Kerodong Jalak Secara Full

Kerodong juga perlu dilakukan pada jalak yang dimaster menggunakan audio. Tujuannya supaya jalak tidak menyadari bahwa suara yang didengarnya tidak bersumber dari burung asli. Terlebih saat pemasteran dilakukan dalam durasi yang cukup lama.

3. Putar Audio dengan Volume Sedang

Audio yang terlalu keras justru akan terdengar bising dan mengganggu. Oleh karenanya, gunakan mp3 dengan volume yang sedang. Jangan lupa untuk memilih suara mp3 yang berkualitas dan tidak macet-macet.

4. Lakukan Pemasteran Setiap Hari

Pemasteran pada burung jalak bisa dilakukan setiap hari ketika memasuki masa istirahatnya. Kecerdasan jalak yang mudah merekam suara akan mempercepat proses pemasteran apabila dilakukan setiap hari.

5. Siapkan 5 MP3 Masteran Suara yang Berbeda

Ketika berencana memaster jalak menggunakan audio, sebaiknya sudah disediakan minimal 5 jenis suara masteran yang berbeda dan sesuai tipe suara jalak.  Pemilihan 5 tipe suara ini setidaknya bisa memberikan variasi isian yang lebih banyak dalam satu tahap pemasteran.

6. Berikan Isian Masteran yang Berbeda dalam Sehari atau Seminggu

Cara penerapan 5 isian yang sudah disiapkan tadi tidak harus menunggu 2 minggu lalu diganti. Namun, bisa diperdengarkan sekaligus dalam masa 2 minggu tersebut. Caranya adalah dengan memberikan 3 materi isian sekaligus dalam 1 minggu dengan cara terjadwal.

Misalnya hari Senin dan Selasa menggunakan suara masteran burung kenari, sementara hari Rabu dan Kamis menggunakan masteran lovebird, demikian seterusnya.

Tetapi jika jalak yang dimiliki tergolong sangat cepat menangkap suara, bisa juga memberikan 3 materi suara burung yang berbeda dalam sehari. Misalnya pagi menggunakan lovebird, sore kenari, dan malam cililin.

Cara memaster burung jalak memang jauh lebih mudah karena otaknya yang cepat sekali menirukan suara burung lain. Terlebih burung ini juga mudah dipelihara, sehingga bisa menyesuaikan diri dengan cepat terhadap lingkungannya.

 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar