M920Vdlq3Dcbzl7ZsskfMt7MAGCBkcGVLICBNwNF

Cari Blog Ini

7+ Cara Memaster Burung Gelatik Paling Top 2021

Cara Memaster Burung Gelatik - Burung gelatik merupakan salah satu burung kicau yang cukup terkenal di Indonesia. Selain kicauannya melengking dan indah, gelatik juga memiliki tarian yang menarik. Untuk memaksimalkan kicauannya, Anda bisa menerapkan cara memaster burung gelatik yang tepat sesuai prosedur.

Keindahan kicauan gelatik tentu tidak hanya menarik untuk peliharaan saja, namun juga layak untuk dilombakan. Bahkan di Belanda sudah tersedia kompetisi tahunan yang khusus melombakan suara burung gelatik. Tidak heran jika burung ini menjadi salah satu favorit penggemar burung kicau.

Cara Memaster Burung Gelatik dengan Trik Ajaib

cara memaster gelatik


Secara umum cara memaster burung kicau memang mirip, yakni memperhatikan waktu pemasteran yang tepat serta kondisinya agar tetap nyaman. Tetapi, ada beberapa tahapan lainnya yang bisa diterapkan untuk memaster burung gelatik dengan lebih efektif, di antaranya:

1.  Pemilihan Pola Dasar Materi yang Senada

Setiap burung memang memiliki kicauan yang berbeda, namun jika diperhatikan ada beberapa burung yang memiliki pola dasar suara yang serupa. Penggemar burung kicau biasanya lebih peka dalam memperhatikan pola dasar ini.

Suara  burung gelatik identik lebih panjang dan bervariasi dalam sekali kicau. Nadanya juga lebih melengking dan merdu. Pola dasar dari burung gelatik ini sangat cocok jika diberi pemasteran dari suara burung kenari, kolibri, prenjak, serta burung blackthroat.

2. Lakukan Pemasteran di Waktu Istirahat

Semua burung bisa mendengarkan isian masteran dengan baik saat memasuki waktu istirahat. Burung kicau akan memilih diam saat mendengar masteran dari burung lain ketika istirahat. Sebaliknya, ketika sedang aktif burung kicau cenderung menjawab kicauan burung yang didengar.

Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui waktu istirahat burung gelatik sebelum memutuskan untuk melakukan pemasteran. Biasanya burung gelatik istirahat pada jam 12 siang sampai jam 4 sore. Sementara malam hari mereka istirahat mulai jam 9 malam hingga 5 subuh.

Karena waktu istirahat di malam hari lebih panjang, metode yang efektif digunakan adalah menggunakan mp3. Dengan begitu, suara masteran akan terus mengalun tanpa jeda. Berbeda dengan masteran menggunakan burung pemaster yang juga memiliki jeda untuk istirahat.

3. Sediakan Tempat yang Nyaman

Apabila tempat istirahat burung gelatik nyaman, tentu ia bisa beristirahat dengan tenang dan mendengarkan materi pemasteran dengan baik. Ada banyak faktor yang bisa mendukung kenyamanan tempat istirahat burung gelatik, di antaranya:

· Kandang yang rajin dibersihkan dan bebas dari kotoran burung, semut, serta bau tidak sedap.

· Posisi kandang diletakkan di tempat yang aman dari ancaman, seperti tempat yang rentan bergoyang, serta banyak hewan pemakan burung.

· Bebas dari suara yang bising, baik bising dari suara manusia, kendaraan, ataupun aktivitas lainnya.

· Jauh dari cahaya yang terlalu terang. Misalnya pada siang hari tidak diletakkan di tempat yang tepat terkena sinar matahari langsung sehingga silau.

· Ditutupi dengan kerodong untuk menutupi pandangan burung dari hal-hal yang mengganggu fokusnya.

4. Awali Pemasteran dengan Memberikan Suara Terapi Pencucian Otak

Tahap ini sering kali diabaikan oleh pemelihara burung gelatik, padahal dampaknya sangat besar terhadap efektivitas pemasteran. Sebelum melakukan pemasteran, burung gelatik harus dihilangkan dari kondisi stres dengan mencuci otaknya.

Terapi pencucian otak ini bisa dilakukan menggunakan suara khusus yang dapat di download di internet. Suara terapi pencucian otak ini akan memberikan efek tenang, jinak, dan rasa antusias yang tinggi pada burung.

Dengan kondisi yang tenang, sensor otak yang dipancing menggunakan terapi suara akan mudah terbuka. Efeknya sangat baik pada burung karena bisa mempermudah mereka dalam menerima isian yang akan diberikan saat proses pemasteran.

Suara terapi pencucian otak atau brainwash ini cukup efektif diberikan selama 10 hingga 15 menit saja sebelum dimaster.

5. Gunakan Satu Jenis Suara dalam 3 Minggu

Walaupun ada banyak jenis suara yang bisa dijadikan materi pemasteran burung gelatik, Anda tidak boleh melakukannya secara terburu-buru. Ada tahapan yang harus diberikan kepada burung gelatik untuk mencerna dan menghafalkan satu jenis suara yang diberikan.

Idealnya, dalam 3 minggu cukup berikan satu jenis suara saja.  Itu pun tetap harus menunggu gelatik benar-benar bisa mengeluarkan isian yang diberikan. Setelah 3 minggu, barulah ganti materi isian dengan suara burung kicau lainnya.

6. Berikan Pemasteran Secara Terjadwal

Agar burung lebih siap dalam menerima materi pemasteran, berikan jadwal yang teratur kepada burung. Misalnya sehari atau dua hari sekali setelah mandi dan ketika memasuki jam istirahat. Dengan aktivitas teratur yang berulang, burung akan hafal dan siap dengan proses pemasteran.

Selain jadwal waktu, materi yang akan diberikan juga bisa dijadwal untuk menghindari pengulangan materi yang pernah diberikan. Misalnya pada 3 minggu pertama, materi isiannya adalah burung prenjak, sementara 3 minggu berikutnya suara burung kolibri dan seterusnya.  

7. Untuk Hasil Maksimal Gunakan Metode Pemasteran Secara Alami

Meski sudah ada metode menggunakan mp3 yang lebih praktis dalam melakukan pemasteran, penggunaan metode alami tetap dinilai lebih efektif. Selain bebas dari suara bising elektronik, suara alami akan terdengar lebih jelas dan mudah ditirukan oleh burung.

Namun untuk pemasteran yang dilakukan sepanjang malam, barulah bisa menggunakan alternatif audio mp3. Tentunya audio yang dipakai memaster juga harus diseleksi terlebih dahulu agar kualitasnya baik dan jernih.

Hal yang Harus Dihindari Saat Pemasteran Burung Gelatik

Pemasteran tidak sekadar memperdengarkan suara burung pemaster saja. Ada beberapa hal yang harus dihindari untuk mencegah efek negatif yang justru bisa berakibat buruk pada burung gelatik. Berikut adalah hal yang wajib dihindari selama menerapkan cara memaster burung gelatik di atas:

1. Menggunakan Mp3 dengan Kualitas Buruk

Tingginya peminat mp3 masteran burung kicau membuat banyak orang berlomba-lomba menyediakannya untuk di download. Sayangnya, tidak semua kualitas mp3 yang disediakan di internet itu bagus.

Banyak juga yang bising dan suaranya terlalu melengking. Suara ini tidak hanya sulit ditirukan oleh burung gelatik, tetapi juga bisa membuat gelatik menirukannya dengan tiruan yang sangat buruk dan tidak enak di dengar.

Agar terhindari dari hal tersebut, akan lebih terjamin kualitasnya jika Anda membeli mp3 masteran yang sudah daripada mendownload secara bebas.

2. Memperdengarkan Suara Terlalu Dekat

Suara yang jernih dan jelas tidak harus diperdengarkan dari jarak yang terlalu dekat. Jarak dekat justru akan terdengar terlalu bising dan tidak jelas oleh pendengaran burung. Akibatnya burung malah merasa terganggu saat istirahat dan tidak mampu menirukan masteran yang diputar.

3. Membuka Kerodong

Selain menghalangi pandangan burung dari lingkungan di sekitarnya, kerodong juga berfungsi menghangatkan badan burung saat istirahat. Dengan membukanya, burung tidak akan fokus karena melihat aktivitas di luarnya. Akibatnya burung kesulitan istirahat dan tidak bisa mencerna materi.

4. Meletakkan Burung di Lokasi yang Terang

Sama dengan manusia, suasana yang terlalu terang akan mengganggu pandangan burung sehingga tidak bisa beristirahat. Kalau pemasteran tetap dilakukan di tempat yang terang, maka materi yang diabaikan tidak akan didengarkan karena burung merasa tak nyaman dengan suasana yang terang.

Cara memaster burung gelatik yang baik dan benar sebenarnya memang sangat mudah. Kegagalannya biasanya disebabkan karena pemilik burung kurang memperhatikan faktor-faktor yang membuat burung tidak nyaman, sehingga masteran yang diberikan gagal diterima burung gelatik. 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar