M920Vdlq3Dcbzl7ZsskfMt7MAGCBkcGVLICBNwNF

Cari Blog Ini

6+ Cara Memaster Burung Ciblek agar Gacor + Ngebren 2021

Cara Memaster Burung Ciblek - Secara umum, cara memaster burung ciblek agak mirip dengan jenis burung kicau lainnya. Adapun beberapa perbedaan yang ada dalam prosesnya disebabkan karena ciblek memiliki karakter suaranya sendiri.

Burung ciblek memiliki suara yang nyaring dan cenderung nembak. Sayangnya, pada ciblek yang belum dimaster ocehannya berdurasi lebih singkat dari burung lainnya.

Persiapan Pemasteran Burung Ciblek

cara memaster burung ciblek


Sebelum masuk dalam tahap pemasteran, sebaiknya langkah persiapan harus dilakukan dengan baik. Semakin baik persiapan yang dilakukan, maka semakin maksimal hasil pemasteran yang nantinya akan dilakukan. Beberapa persiapan tersebut adalah:

1. Persiapan Burung

Dalam melakukan pemasteran burung, persiapan pertama yang paling penting dan berpengaruh besar terhadap kesuksesan proses ini adalah kondisi burung itu sendiri. Beberapa hal yang harus diperhatikan terkait persiapan burung adalah:

· Pemilihan burung yang memiliki kualitas terbaik. Bisa dilihat dari karakternya yang lebih aktif dibanding yang lain.

· Menyiapkan kondisi burung agar moodnya baik, yakni dengan memberikan makanan yang disukai, serta sangkar yang nyaman.

· Rajin memandikan dan menjemur burung yang akan dimasteri, agar kondisinya selalu segar dan bersih.

2. Persiapan Tempat

Persiapan tempat yang akan digunakan untuk proses pemasteran juga harus dilakukan. Karena pemasteran adalah proses menyimak dan menghafalkan suara, tentu kondisi tempatnya harus senyap. Pastikan kandang jauh dari bising dan suara aktivitas makhluk hidup lainnya.

Selain senyap, tempat pemasteran juga harus bersih terutama pada kandangnya. Peletakan kandang jangan pada posisi yang mudah bergoyang ataupun terlalu rendah dari tanah. Ini dilakukan untuk mencegah ancaman yang membahayakan burung ketika sedang dimasteri.

Semakin senyap dan aman tempat yang disediakan, tentu burung ciblek akan lebih mudah mendengarkan suara masteran dengan lebih fokus.

3. Persiapan Waktu

Pemasteran yang paling tepat dilakukan pada waktu burung benar-benar istirahat dan diam. Kondisi ini bisa ditemukan saat burung ciblek memasuki masa mabung. Tetapi apabila menunggu masa mabung, tentu proses pemasteran harus menanti beberapa bulan.

Agar tidak kelamaan, pemasteran juga efektif dilakukan saat burung ciblek memasuki masa istirahat. Waktu istirahat yang tepat tentu pemilik burung lebih mengetahui. Tapi, secara umum burung kicau mulai istirahat sekitar jam 11 pada siang hari, serta mulai jam  pada sore hingga malam hari.

Cara Memaster Burung Ciblek

Apabila semua persiapan burung, tempat, dan waktu sudah dipersiapkan dengan baik, barulah proses pemasteran bisa dilakukan. Untuk memaksimalkan hasil dari pemasteran burung ciblek, beberapa cara berikut wajib diterapkan selama proses pemasteran:

1. Jika Menggunakan Audio, Atur Volumenya

Suara pemasteran yang jelas bukan berarti menggunakan volume yang sangat keras. Apabila menggunakan audio atau Mp3, suara yang terlalu keras justru akan terdengar berisik dan bising. Kondisi ini malah mengganggu burung yang ingin beristirahat.

Sebaiknya, atur volume audio pada posisi pertengahan. Gunakan Mp3 yang jernih agar tidak ada campuran suara berisik di dalamnya. Agar lebih pas, letakkan sumber audio tepat di bawah kandang dengan lubang speaker mengarah ke samping.

2 .Jika Menggunakan Masteran Burung, Atur Jaraknya

Ketika pemasteran dilakukan menggunakan burung pemaster, maka volumenya bisa diatur dengan mengatur jarak antar burung. Secara umum, jarak yang paling pas antara burung pemaster dengan ciblek yang akan dimaster adalah 50 hingga 100 cm, tergantung tingginya suara pemaster.

Dalam proses pemasteran menggunakan burung asli, maka posisi kandang harus dikerodong atau ditutupi. Apabila burung ciblek melihat keberadaan burung pemaster di dekatnya, maka fokusnya akan terganggu.

3. Pilih Masteran Berkualitas

Menggunakan metode audio atau alami dalam pemasteran sama-sama harus memperhatikan kualitasnya. Dalam metode audio, kualitas yang baik bisa dicari dengan membeli Mp3 di tepat yang terpercaya dan tidak gratisan.

Sementara untuk metode alami, kualitas masteran bisa dipilih dari karakter burung pemaster yang digunakan. Suara burung pemaster harus gacor, lantang, dan jernih. Dengan begitu, mental burung ciblek yang mendengarnya akan bangkit dan kualitas suara yang ditirukan juga baik.

4. Gunakan Jenis Burung yang Tepat

Karakter suara burung ciblek pada dasarnya adalah nyaring dan keras. Karakter ini tentu tidak cocok jika dimasteri dengan suara burung yang merdu dan kalem.

Burung pemaster yang cocok untuk ciblek adalah kenari. Pemilik burung juga bisa memasteri ciblek dengan burung ciblek lainnya yang sudah gacor dan ngebren.

5. Lakukan Secara Rutin

Pemasteran yang dilakukan secara rutin akan mempercepat ciblek dalam merekam dan menirukan suara masteran yang diputar.  Kalau proses pemasteran tidak rutin dan hanya menunggu masa mabung, dikhawatirkan ciblek lupa dengan irama yang didengar.

Dampak buruknya, isian yang dikeluarkan ciblek malah fals dan keluar dari nada asli yang telah didengarkan sebelumnya.

6. Durasi Minimal Pemasteran

Selain rutin, durasi pemasteran burung ciblek juga harus diperhatikan. Waktu yang terlalu singkat untuk memaster burung tidak akan cukup bagi ciblek untuk merekam suara yang sudah didengarnya.

Demikian juga waktu yang terlalu lama justru bisa berdampak buruk pada mental ciblek. Hal ini tentu bertentangan dengan perilaku beberapa pemilik ciblek yang memaster burungnya semalaman penuh menggunakan Mp3.

Sebagai tolak ukur, durasi yang paling tepat untuk memaster burung ciblek adalah kisaran 30 menit hingga 2 jam dalam sekali putar. Aturan ini berlaku untuk burung ciblek yang sudah dewasa. Jika usia ciblek terlalu muda atau merupakan anakan, pemasteran bisa dilakukan kurang dari sejam.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Selama Pemasteran Ciblek

Meskipun cara memaster burung ciblek sudah dilakukan dengan benar, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan selama proses pemasteran, yaitu:

1. Durasi Pemasteran Terlalu Lama

Banyak yang memperdengarkan ciblek dengan Mp3 masteran semalaman suntuk. Padahal cara ini kurang efektif dan bisa menimbulkan dampak negatif. Memperdengarkan suara lama akan membuat ciblek kelelahan, terlebih saat ciblek mendengar sambil menirukan

Ciblek yang dimaster semalaman suntuk kemungkinan besar juga akan terganggu waktu istirahatnya. Padahal, burung yang kurang istirahat akan kehilangan stamina dan tidak bisa berkicau dengan maksimal.  

2. Suara Audio yang digunakan Terlalu Keras

Banyak orang menginginkan ciblek yang dimiliki bisa meniru suara masteran dalam waktu yang singkat.  Untuk mewujudkannya, mereka memperdengarkan audio masteran terlalu keras saat waktu istirahat ciblek. Hal ini tentu sangat mengganggu dan sulit ditirukan ciblek akibat tidak nyaman.

3. Menggunakan Suara Pemaster yang Tidak Setipe

Tidak semua suara burung kicau bisa ditirukan oleh ciblek dengan baik. Kalau suara yang diperdengarkan tidak setipe, justru hasil tiruan ciblek akan fals dan memiliki nada yang buruk. Oleh karena itu, jangan pernah mencoba memperdengarkan suara masteran yang tidak setipe pada ciblek.

4. Waktu Pemasateran Tidak Tepat

Sebagian besar pemula hanya menjadikan satu tolak ukur dalam menentukan waktu istirahat burung. Meskipun secara umum jam istirahat burung kicau itu sama, tetapi ada beberapa jenis ciblek yang bisa memilih rutinitas istirahat berbeda.

Pemasteran yang dilakukan pada jam tertentu yang bukan waktu istirahat ciblek justru membuatnya aktif menyahut tanpa bisa menyimak suara. Waktu yang harus dihindari dalam melakukan pemasteran adalah saat di pagi hari, saat masa kawin, serta ketika cuaca panas.  

Kalau Anda ingin menerapkan cara memaster burung ciblek dengan lebih maksimal, sebaiknya keseimbangan antara persiapan burung dan metode pemasteran yang tepat harus diperhatikan. Kalau persiapan maksimal dan metodenya tepat, hasil pemasteran ciblek tentu lebih memuaskan. 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar