M920Vdlq3Dcbzl7ZsskfMt7MAGCBkcGVLICBNwNF

Cari Blog Ini

5+ Cara Memaster Cendet / Pentet Paling Gacor 2021

Cara Memaster Cendet - Cendet masuk kategori burung peliharaan yang bisa dibawa untuk mengikuti kompetisi. Burung cendet berukuran kecil dengan perpaduan warna putih, hitam, dan coklat muda. Salah satu cara untuk memperindah kicauan adalah pemasteran. Berikut 5 cara memaster cendet dengan cepat:

 

Cara Memaster Cendet yang Tercepat dan Mudah

cara memaster cendet


1. Ketepatan Waktu Pemasteran

Waktu pemasteran burung cendet memiliki ketentuan tersendiri agar hasil yang didapatkan sesuai keinginan. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah memulai pemasteran di kala burung cendet menginjak umur 3 minggu atau 20 hari. Ketentuan lain terkait waktu pemasteran yakni:

· Jadwal Efektif

Usia pemasteran yang optimal berlaku hingga usia burung cendet mencapai 2 bulan. Selebihnya akan sangat sulit mendapatkan hasil kicauan seperti keinginan Anda. Selain itu, perlu ada jadwal pemasteran yang konsisten, tetapi variatif.

 

Waktu terbaik untuk memaster burung cendet adalah di malam hari mulai pukul 19.00 sampai 21.00. Waktu tersebut adalah jadwalnya cendet beristirahat dan tenang, sehingga tingkat konsentrasi untuk menyimpan suara dan menirukannya berpotensi lebih tinggi.

 

Selain di malam hari, Anda bisa melakukan pemasteran setelah waktu subuh, misalnya mulai pukul 05.00 sampai 07.00. Jika tidak sempat, Anda bisa memaster di siang hari setelah burung dimandikan dan dijemur.

 

· Durasi Pemasteran

Durasi yang dibutuhkan cendet dalam proses pemasteran dibagi menjadi 2 tahapan, yakni:

a. Tahap 1

Tahap 1 adalah waktu pertama kali burung cendet dimaster. Anda cukup memberikan durasi 1 hingga 2 jam saja sebagai pemanasan. Jika langsung berdurasi lama, cendet akan merasa kaget hingga stress berkepanjangan.

 

b. Tahap 2

Tahap kedua bisa Anda lakukan mulai di hari ke-3 pemasteran atau sudah berjalan selama seminggu. Durasi latihan ditambah 2 jam, sehingga menjadi 4 jam dalam sehari. Anda bisa membagi durasi 4 jam menjadi 2 sesi atau 3 sesi.

 

Dalam peralihan durasi, sebaiknya gunakan 3 sesi terlebih dahulu. Setelah cendet mulai terbiasa, Anda bisa memakai 2 sesi saja di pagi dan sore hari atau siang dan malam hari.

 

c. Tahap 3

Tahapan ketiga untuk lamanya durasi pemasteran adalah 6 jam hingga lebih per harinya. Jika sudah pada tahapan ini, maka dibuat 3 sesi. Setiap sesi masing-masing 2 jam atau mengambil durasi lebih lama di sesi terakhir (malam hari).

 

· Hasil Terlihat

Hasil pemasteran akan mulai tampak setelah berjalan kurang lebih 2 bulan.Waktu yang terbilang cukup cepat jika sudah dimulai sejak usia 3 minggu. Jika dimulai dari usia lebih dari bulan, biasanya hasil akan terlihat setelah 6 bulan pemasteran.

 

· Hasil Stabil

Meskipun dalam 2 bulan sudah terdengar kicauan hasil pemasteran, namun masih sering berganti-ganti dan tidak stabil. Untuk mendapatkan hasil kicauan berkualitas dan bagus, Anda butuh melatihnya minimal 1 tahun dan harus konsisten.

 

2. Melihat Kondisi Fisik dan Mental Burung Cendet

Setelah memastikan waktu pemasteran terbaik, Anda perlu melihat kondisi burung cendet secara fisik dan mentalnya. Proses pemasteran hanya dapat dilakukan jika cendet dalam kondisi sehat, bugar dan tidak mengalami stress.

 

Burung cendet sangat menyukai suasana yang tenang dan nyaman, sehingga Anda harus menutupi kandangnya dengan kerodong warna gelap. Suasana semacam ini akan membuat cendet lebih fokus, percaya diri dan bersemangat ketika dimaster.

 

Selain itu, sangkar burung dengan sumber masteran harus berjarak minimal 25 cm. Jika sumber masteran termasuk bervolume keras, maka jarak yang diambil minimal 1 meter. pemasteran burung harus diberikan jarak yang pas dan jangan sampai terlalu bising untuk burung cendet.

 

3. Pengkondisian Burung Sebelum Pemasteran

Langkah ketiga yang menjadi cara memaster cendet dengan mudah adalah mengkondisikan burung sebelum memulai pemasteran. Pengkondisian ini bisa berupa:

· Memastikan burung tetap diam, rileks, dan tenang

· Burung cendet memasuki fase istirahat

· Burung cendet dalam keadaan bersih, sudah mandi, dan dijemur di tempat teduh

· Sangkar burung ditutupi kain atau kerodong

· Kondisi sekitar sangkar tidak ramai dan mengganggu

· Suara masteran harus berdurasi panjang

· Volume suara masteran harus pelan

· Sumber suara masteran diletakkan dengan jarak agak jauh

 

4. Pemilihan Metode Pemasteran

Metode pemasteran burung cendet bisa Anda lakukan secara alami atau menggunakan metode buatan. Pemasteran alami menggunakan sumber suara asli dari berbagai jenis burung, sedangkan metode buatan akan menggunakan peralatan canggih seperti smartphone dan jaringan internet.

· Metode Alami

Jenis-jenis burung yang bisa digunakan untuk sumber masteran cendet adalah lovebird, burung gereja, pelatuk, cililin, cucak ijo, cucak rawa, kenari, hingga murai batu. Semua karakter dari burung masteran ini memiliki suara lantang, nyaring, panjang, dan jelas.

 

Penggunaan suara asli dari burung lain akan menghasilkan pemasteran yang lebih alami, sehingga suara burung cendet Anda lebih merdu, unik, dan bisa berkompetisi di berbagai perlombaan. Namun, metode ini membutuhkan kesabaran dan modal cukup besar.

 

· Metode Buatan

Jika Anda menyukai pemasteran dengan cara praktis, maka gunakan metode buatan. Sumber suara masteran didapatkan dari audio atau rekaman yang sudah ada. Anda bisa memaksimalkan penggunaan smartphone, televisi, hingga tape recorder sebagai MP3 dan MP4.

 

5. Pakan Berkualitas untuk Burung Cendet

Makanan yang harus dikonsumsi burung cendet agar proses pemasteran lebih maksimal terbagi menjadi beberapa jenis, yakni:

· Pakan Utama

Makanan utama yang setiap hari dikonsumsi oleh jenis burung apa saja antara lain jangkrik, ulat, dan kroto (telur rang-rang). Ketiganya harus dalam keadaan segar/ hidup karena memiliki nutrisi yang tinggi dan dibutuhkan burung cendet.

 

Khusus untuk kroto, konsumsi per hari yang sangat dianjurkan adalah 10 butir kroto segar. Semakin banyak yang dikonsumsi, akan semakin baik untuk meningkatkan kualitas suara burung cendet.

 

· Pakan Tambahan

Makanan pendamping atau tambahan untuk burung cendet adalah EF atau extra fooding. Jenis makanan ini bisa Anda dapatkan di toko pakan terdekat atau pembelian online di berbagai e-commerce terpercaya. Pemberian EF tidak lebih banyak dari pakan utama.

 

· Dedaunan

Asupan burung cendet juga memerlukan tumbuhan hijau, khususnya dedaunan. Jenis daun yang sering dikonsumsi adalah daun krokot hingga mengkudu. Ketika memberi makan, potong daun menjadi ukuran kecil-kecil.

 

· Egg Food

Protein dari telur tidak hanya dibutuhkan oleh manusia saja, tetapi burung cendet juga memerlukannya. Rebus telur ayam 1 buah dan potong menjadi seperempat bagian. Berikan potongan tersebut dengan cara digantung di sangkar. Egg food diberikan cukup 1 minggu sekali.

 

· Multivitamin

Makanan yang sehat akan bekerja baik di dalam tubuh burung cendet jika ditambah lagi dengan multivitamin atau suplemen. Anda bisa berkonsultasi dulu dengan yang lebih ahli untuk mendapatkan multivitamin yang cocok.

 

Selain dari 5 cara memaster cendet di atas, Anda harus melakukan pemasteran dengan konsisten. Konsisten yang dimaksud bukan berarti harus berdurasi lama waktu jarang-jarang, tetapi lebih baik durasi sedikit dan dilakukan setiap hari. Cara manakah yang menurut Anda paling susah dilakukan?

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar