M920Vdlq3Dcbzl7ZsskfMt7MAGCBkcGVLICBNwNF

Cari Blog Ini

7+ Cara Memaster Burung Anis Merah Paling Jos 2021

Cara Memaster Burung Anis Merah - Meskipun berkepala jingga, burung kicau yang satu ini lebih akrab disebut anis merah. Hewan pemalu yang suka berada di hutan gelap ini dikenal dengan suara kicauannya yang nyaring. Agar lebih merdu, suara anis merah bisa diatur dengan cara memaster burung anis merah.

Perlunya Pemasteran Anis Merah

Dengan suara dasar anis merah yang cukup nyaring dan panjang, bukan berarti burung ini tidak perlu dimaster lagi. Pemasteran tetap perlu dilakukan terlebih untuk kepentingan perlombaan atau pelatih burung kicau lainnya.

Pemasteran secara rutin dan benar akan membuat anis merah memiliki variasi suara dalam kicauannya. Variasi ini akan tampak lebih indah ketika dipadukan dengan suara aslinya yang bisa ngerol panjang.

Cara Memaster Burung Anis Merah Terbaik Menurut Suhu

cara memaster burung anis merah


Pemasteran adalah proses pengisian otak burung dengan nada kicauan dari burung lainnya. Oleh karenanya, proses ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar pemasteran tidak berdampak negatif pada anis merah yang dipelihara, di antaranya:

1. Lakukan Pemasteran pada Waktu-Waktu yang Tepat

Dalam menerima materi masteran yang akan diberikan, anis merah harus dalam keadaan diam dan fokus mendengarkan. Dengan begitu, semua materi yang diputar akan mudah direkam burung dan dikeluarkan di kemudian hari. Beberapa waktu yang tepat untuk memaster anis merah adalah:

· Saat Memasuki Istirahat

Berdasarkan pengamatan langsung dari kebiasaan beberapa burung kicau, masa istirahat dilakukan sebanyak dua kali. Pertama di siang hari saat memasuki pukul 12 siang sampai 4 sore. Kedua malam hari, mulai pukul 5 sore hingga keesokan harinya.

 

· Memasuki Masa Mabung

Masa mabung adalah proses pergantian bulu yang ditandai dengan kerontokan seluruh bulu burung. Kondisi ini akan terasa sakit dan membuat burung tidak percaya diri. Akibatnya burung anis merah lebih banyak diam dan mendengarkan suara kicauan di sekitarnya.

 

Memperdengarkan suara masteran pada masa ini akan sangat efektif dan mudah terekam dalam waktu cepat. Sehingga setelah selesai dari masa mabungnya, semua materi yang didengarkan selama mabung akan dikeluarkan.

 

· Ketika Mengikuti Lomba

Saat lomba burung kicau, secara tidak sengaja anis merah akan mendengarkan kicauan menarik dari burung lainnya. Mengikutkan lomba di masa yang tepat akan memberikan materi baru yang secara tidak langsung akan dipelajari.

2. Melakukan Pemasteran saat Mood Anis Merah Baik

Sama dengan anak kecil, anis merah yang dimaster ketika kondisinya tidak mood akan membuatnya justru terganggu dan tidak mau mendengarkan materi masteran. Oleh sebab itu, perhatikan mood burung sebelum dimaster.

Apabila terlihat kurang baik, berikan sesuatu yang bisa mengembalikan moodnya. Misalnya makanan favorit, lokasi yang disenangi burung, dan sebagainya. Setelah moodnya kembali normal, barulah siap dilakukan pemasteran.

3. Dikerodong Sesuai Kondisi

Sebagian besar burung yang dimaster akan dikerodong oleh pemiliknya. Tujuannya agar burung bisa fokus mendengarkan suara tanpa terganggu oleh pemandangan di sekitarnya. Namun, bagi anis merah hal ini sebenarnya sangat kondisional.

Kalau cuacanya panas, jangan kerodong anis merah, karena membuatnya semakin kepanasan dalam kurungan. Pada cuaca ini kerodong bisa dibuka agar ada udara segar yang masuk.

Supaya pandangannya tidak teralihkan, letakkan kandang di lokasi sejuk dan bebas dari aktivitas makhluk. Sebaliknya jika lokasi di sekitar burung bising dan udaranya dingin, barulah anis merah bisa dikerodong.

4. Pastikan Kesehatan dan Kesegaran Burung Terjamin Sebelum Dimaster

Istirahat yang nyaman baru bisa dirasakan ketika tubuh sehat dan terasa bugar. Kalau ada kondisi yang kurang nyaman, burung anis merah tentu akan kesulitan beristirahat. Untuk memaksimalkan pemasteran, pastikan burung dalam kondisi sehat dan segar.

Untuk mendukung hal tersebut, Anda bisa memandikan dan memberi makan terlebih dahulu sebelum dimaster. Selain itu, jangan pernah lupa untuk menjemur burung di pagi hari supaya kondisinya selalu sehat. Bersihkan juga kandangnya agar nyaman digunakan beristirahat.

5. Pada Metode Alami, Pilih Masteran dari Burung yang Tepat

Pemasteran dengan metode alami dikenal lebih efektif karena menggunakan suara asli burung kicau. Jika ingin melakukan pemasteran burung anis merah dengan metode ini, maka pilihlah burung masteran yang paling tepat dan suaranya mudah ditirukan anis merah.

Berikut adalah suara-suara burung yang tepat dijadikan masteran anis merah secara alami:

· Lovebird

· Burung kenari

· Blackthroat

· Burung jalak suren

· Burung cililin

Apabila kesulitan menemukan burung-burung tersebut, metode alami juga bisa dilakukan dengan menjadikan burung anis merah lainnya sebagai pelatihnya. Namun, pastikan anis merah yang dijadikan pemaster memiliki suara yang jernih dan bervariasi.

6. Pada Metode Elektronik, Gunakan Mp3 yang Jernih

Metode elektronik memang terlihat lebih praktis dan murah, tapi bukan berarti penggunaannya tidak melalui proses seleksi terlebih dahulu. Ada banyak mp3 masteran yang kualitasnya jelek dan disediakan secara gratis.  Apabila menemukan yang seperti ini, sebaiknya jangan digunakan.

Agar kualitasnya terjamin, lebih baik membeli mp3 masteran di tempat yang legal dan terpercaya. Walaupun harganya agak mahal, tapi suaranya jernih seperti burung aslinya. Dengan begitu, cara memaster burung anis merah menggunakan elektronik bisa lebih efektif.

7. Jauhkan Jarak Masteran dengan Burung

Dengan alasan agar suara lebih jelas dan jernih, jangan mencoba mendekatkan suara masteran dengan burung anis merah. Suara yang terlalu dekat justru terdengar berisik dan mengganggu istirahat burung.

Bahayanya lagi, burung anis merah malah merasa terancam dengan suara burung yang didengarnya sangat dekat. Terlebih kalau posisinya ditutup dengan kerodong. Oleh karenanya, jaga jarak masteran agar tidak terlalu dekat lalu putar dengan volume yang tidak terlampau kecil atau keras.

Hal yang Harus Dihindari Saat Memaster Anis Merah

Kesuksesan pemasteran anis kembang tidak hanya dipengaruhi oleh caranya yang benar sesuai prosedur. Namun, pemelihara burung juga harus tahu berbagai hal yang harus dihindari dalam memaster anis merah, di antaranya:

1. Menggunakan Suara Masteran yang Tidak Selaras

Keindahan variasi irama dari burung kicau lainnya sering membuat orang ingin memiliki burung dengan kicauan serupa. Padahal tidak semua suara burung kicau bisa dijadikan masteran anis merah.

Apabila iramanya tidak selaras, justru anis merah akan mengeluarkan susunan lagu yang tidak enak didengar serta fals. Bahkan kemungkinan terburuknya anis merah kehilangan kepercayaan dirinya karena mengeluarkan kicauan yang buruk.

2. Memaster Saat Usianya Terlalu Muda

Usia anis merah yang terlalu muda belum siap untuk dimaster. Jika dipaksakan, burung ini justru akan jatuh mentalnya mendengar suara burung masteran yang diperdengarkan di sekitarnya. Akibatnya, bukannya menirukan suara bagus, anis merah malah macet bunyi dalam waktu lama.

3. Mengikutkan Lomba Saat Mabung

Meski masa mabung sangat efektif untuk dimaster, tapi burung anis merah tidak boleh dibawa lomba saat sedang mabung. Suara kicau burung yang berlomba di sekitarnya bisa menjatuhkan mental dan membuat burung semakin minder.

Beberapa cara memaster burung anis merah di atas bisa lebih bervariasi tergantung pengalaman orang yang memeliharanya. Namun, hal penting yang harus diingat dalam memaster anis merah adalah pengkondisian burung sebelum dimaster agar benar-benar nyaman dan siap. 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar