M920Vdlq3Dcbzl7ZsskfMt7MAGCBkcGVLICBNwNF

Cari Blog Ini

Cara Memaster Kenari dengan Mudah, Teknik Terbaik dari Ahlinya 2021

Memelihara burung kenari adalah salah satu hobi yang menyenangkan sekaligus dapat dijadikan ajang mendapatkan prestasi. Mengapa? Sebab, burung kenari sering bisa dibawa ke ajang kompetisi kicauan burung. Agar bisa menang, Anda harus memahami cara memaster kenari dengan benar dan tepat.

cara memaster burung kenari

Cara Memaster Kenari Yang Benar, Tepat, dan Mudah

1. Pakan Berkualitas

Cara pertama yang bisa Anda lakukan saat proses pemasteran burung kenari adalah menyediakan pakan berkualitas dan sesuai kebutuhan. Beberapa jenis pakan yang perlu Anda siapkan di antaranya:

· Pakan Utama

Makanan utama dari setiap jenis burung antara lain: jangkrik dan ulat. Biasanya juga ditambah kroto atau telur semut rang-rang. Jenis jangkrik dan ulatnya bebas asalkan ukurannya tidak terlalu besar.

 

Sedangkan untuk kroto sebaiknya menggunakan yang masih segar. Jika tidak habis, Anda wajib menggantinya dengan kroto baru di esok hari. Kroto juga diperkaya dengan vitamin dan gizi lainnya untuk membuat burung kenari lebih sehat.

 

· Pakan Tambahan

Pakan tambahan seringkali disebut sebagai extra fooding atau EF. Jenis pakan ini sebagai pendamping makanan utama yang berbentuk padat dan dijual di toko pakan hewan. Pakan tambahan hanya diberikan secukupnya tanpa melebihi porsi dari makanan utama.

 

· Suplemen

Suplemen atau multivitamin tidak hanya diperlukan bagi manusia saja, tetapi burung kenari yang sedang dimaster harus diberi tambahan ini. Suplemen yang sering dipakai berupa voer dan TBB (Testobirdbooster).

 

Suplemen yang rutin dikonsumsi mampu meningkatkan semangat berkicau hingga menghasilkan suara yang lebih jernih dan jelas. Suplemen khusus burung kenari bisa Anda beli di toko jual pakan terdekat atau secara online di e-commerce.

 

· Tumbuhan Hijau

Tidak hanya itu saja, burung kenari juga membutuhkan asupan dari tumbuhan hijau khususnya dedaunan. Rekomendasi dedaunan yang bisa digunakan sebagai pakan adalah daun mengkudu dan krokot. Keduanya memiliki serat yang tinggi dan bisa meningkatkan metabolisme kenari.

 

· Egg Food

Burung kenari juga membutuhkan asupan protein alami. Anda bisa menggunakan setengah telur ayam untuk mencukupi kebutuhan ini. Egg food sebaiknya direbus terlebih dahulu, kemudian digantung pada pinggir sangkar sebelah tempat minum burung kenari.

Pemberian setiap pakan di atas harus dengan porsi yang cukup tanpa berlebihan. Kombinasi pakan tergantung dari Anda, sehingga tidak semua jenis pakan diberikan dalam satu waktu setiap hari. Namun, makanan yang harus ada setiap hari adalah makanan pokok dari air minum.

 

 

2. Ketepatan Waktu Pemasteran

Jadwal pemasteran burung kenari diawali dengan durasi yang pendek hingga konsisten dalam durasi tertentu. Pada umumnya, pada masa awal pemasteran, burung kenari cukup memerlukan latihan selama 2 jam saja. Anda bisa memasternya kapan saja (bisa 1x atau 2x dalam sehari)

 

Durasi selanjutnya bertambah menjadi 4 jam dan setelah 1 bulan mulai konsisten di durasi 6 jam per hari. Durasi ini sudah menjadi rata-rata untuk proses pemasteran burung jenis apapun. Selama 6 jam, Anda bisa membaginya menjadi 2x atau 3x latihan, misalnya:

· Latihan 2x Sehari

­ Pukul 05.30 – 08.30 dan 16.30 – 19.30

­ Pukul 07.30 – 10.30 dan 17.30 – 20.30

· Latihan 3x Sehari

­ Pukul 04.30 – 06.30, 10.00 – 12.00 dan 15.00 – 17.00

­ Pukul 06.30 – 08.30, 12.00 - 14.00 dan 17.00 – 19.00

­ Pukul 09.00 – 11.00, 14.00 – 16.00 dan 18.00 – 20.00

 

Waktu pemasteran bisa Anda pilih sesuai selera, tetapi yang terpenting adalah memastikan kondisi burung kenari dalam kondisi mood yang baik dan tidak terlalu aktif bermain. Waktu pagi dan sore hari adalah waktu paling tepat karena burung dalam kondisi segar setelah mandi dan berjemur.

 

3. Usia Pemasteran yang Tepat

Waktu pemasteran dari burung kenari yang paling tepat yakni mulai umur 20 hari hingga 25 hari. Meskipun tampaknya terlalu dini, tetapi ketika memasuki usia 3 minggu, konsentrasi burung kenari menduduki posisi puncak, sehingga akan lebih mudah untuk dilatih.

 

Proses perkembangan yang sedang terjadi, khususnya mulai tumbuhnya bulu-bulu yang baru (mabung) mampu menghasilkan suara yang lebih unik dan berkarakter. Keberhasilan dari cara memaster kenari dengan melihat usia adalah salah satu pertimbangan utama yang harus dilakukan.

 

Usia pemasteran yang optimal bisa berlangsung hingga kenari mencapai 2 bulan. Setelah usia tersebut, pemasteran tetap bisa dilakukan tetapi membutuhkan waktu lebih lama dan kesabaran penuh untuk Anda.

 

Tantangan akan lebih sulit lagi jika burung kenari peliharaan Anda berasal dari alam liar dan sudah memiliki kicauan tersendiri. Kondisi demikian masih bisa diusahakan untuk proses pemasteran, tetapi hasilnya tidak akan maksimal.

 

4. Sumber Suara Pemasteran

Sumber masteran kicauan untuk kenari bisa menggunakan berbagai jenis burung, mulai dari cucak rawa, lovebird, pelatuk, hingga kutilang. Semua jenis burung berkicau bisa Anda gunakan, tetapi pilihlah sesuai hasil yang ingin dicapai.

 

Menggunakan sumber masteran dari burung asli harus memperhatikan jenis kelamin dari kedua burung yang sedang dimaster. Biasanya, agar tidak menarik birahi, jangan menggunakan burung berlainan jenis.

 

Burung kenari perempuan akan sangat tertarik dan tidak fokus mendengar kicauan kenari jantan. Maka, pastikan untuk memilih jenis kelamin yang sama. Walaupun berbeda, harus ditambah lagi dengan burung jenis lain.

 

Sumber suara pemasteran tidak hanya didapatkan dari kicauan burung asli saja, tetapi bisa juga berasal dari audio atau audio-video perangkat canggih. Sumber yang satu ini hanya memerlukan jaringan internet (WiFi atau kuota) agar bisa mendengarkan sumber masteran.

 

Perangkat yang bisa Anda gunakan bisa berasal dari laptop, tablet, smartphone, televisi, hingga tape recorder. Tape recorder mungkin sudah jarang digunakan karena kaset penyimpanannya sudah bergeser menjadi flashdisk yang terkoneksi ke laptop/ tablet dan smartphone.

 

Agar lebih hemat, cukup mendownload sumber masteran dari internet dan dijadikan sebagai data offline. Hal demikian akan memungkinkan Anda memutar audio sumber masteran kapan saja sesuai keperluan. Simpan data audio di flashdisk khusus agar lebih mudah saat pengoperasiannya.

 

5. Hasil Pemasteran

Hasil proses pemasteran kenari tidak bisa Anda dapatkan secara instan dan cepat. Pemasteran yang dilakukan secara konsisten akan mulai menampakkan hasil ketika memasuki jangka waktu 3 bulan.

 

Suara hasil masteran sudah mulai tampak, tetapi kadang kala masih berubah-ubah bahkan belum memiliki ciri khas. Jika ingin mendengar kicauan yang lebih konsisten, setidaknya diperlukan waktu pemasteran minimal selama 1 tahun.

 

Untuk bisa berkompetisi di komunitas pecinta burung, Anda harus melatih burung kenari setidaknya 2 tahun. Selain nada yang unik, tempo yang teratur, tipe suara volume pelan (bisa mengatur kicauan suara) sudah dikuasai kenari yang terlatih.

 

Bagi Anda yang menginginkan kicauan burung dengan suara lantang, keras, dan tajam, pilihlah kenari jantan untuk dimaster. Mental kenari jantan juga lebih tangguh dan tidak mudah goyah ketika dihadapkan dengan burung lain saat berkompetisi.

 

Selain bertubuh mungil dan berwarna menarik, burung kenari juga bisa menjadi kebanggan jika mampu meraih kemenangan saat kompetisi. Anda harus memahami setiap cara memaster kenari dengan tepat seperti penjelasan di atas.

 

Related Posts
Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar